DAERAHNEWSSUMUT

Plt Bupati Langkat Salurkan Salurkan CSR Perusahaan

Selasa, 14 Februari 2023, 12:10 WIB
Last Updated 2023-02-14T05:10:44Z
Plt Bupati Langkat, H Syah Afandin SH menyalurkan bantuan CSR perusahaan.



LANGKAT-BERITAGAMBAR :

 Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH mengatakan, dari 43 perusahaan, 13 perusahaan telah memberikan bantuan CSR-nya.


Ini dikatakan Syah Afandin saat menghadiri rapat koordinasi pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) yang diberikan oleh perusahaan di Kabupaten Langkat, Senin (13/2/2023).


Peran penting perusahaan sangat di butuhkan dalam keikutsertaannya berkontribusi untuk pembangunan di Langkat. Selain sebagai bentuk tanggung jawab sosial, program CSR juga dapat membantu pemerintah daerah dalam membantu masyarakat.


Kegiatan CSR) merupakan bentuk kesadaran bersama kita semua, menjaga pentingnya kebersamaan untuk memberikan kesejahteraan bagi masyarakat di sekitar lokasi perusahaan berada.



"Dukungan perusahaan sangat membantu pemerintah daerah untuk melakukan pembangunan. Pemkab Langkat menyadari begitu besar manfaat yang ditimbulkan melalui program CSR untuk membantu masyarakat. Perusahaan yang melakukan program CSR ini akan langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar lokasi perusahaan," kata Syah Afandin lagi.


Terpisah, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Langkat, Hj Rina Marpaung, mengatakan, CSR sendiri merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan untuk membantu permasalahan sosial dan lingkungan kepada masyarakat di sekitar lokasi perusaaan.



"Rakor ini di inisiasi oleh Bappeda Langkat. Kita akan membuat suatu forum CSR, yang isinya para stakeholder perusahaan. Tujuannya sebagai sarana berkoordinasi antara pemkab Langkat dengan perusahan terkait penyaluran program CSR ini," katanya.


Rina menyebut, rakor ini penting dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kontribusi perusahaan bagi kesejahteraan masyarakat sekitar. "Dari 43 perusahaan, baru 13 perusahaan yang merespon dan memberi CSR," katanya lagi.


Adapun 13 perusahaan yang telah menyalurkan CSR, Rumah Sakit Umum (RSU) Putri Bidadari dan Mahkota Bidadari memberi satu unit perahu karet. PT cahaya Agro Sawit Sejahtera 15 unit jaring gembung. Bank BNI satu buah pembangunan gapura. Bank BSI satu paket pengadaan kubah dan pavin blok masjid.


PT Langkat Nusantara Kepong (LNK) memberi 3.500 bibit kelapa sawit, bibit durian, bibit rambutan, melaksanakan pembangunan rumah untuk disabilitas di Kecamatan Bahorok.


Kemudian, melakukan pembersihan saluran irigasi sepanjang 11 Km di Desa Hinai, pembangunan sarana ibadah Masjid di Marike, peremajaan sawit rakyat (PSR) dengan memberi pupuk kepada kelompok tani Avros 54 orang dan kelompok tani Bandar Jaya 42 orang.



PT Tirta Investama memberi 10 paket mesin jahit listrik dan 10 paket mesin Obras. PT Lembu Andalas Langkat 10 paket hand sprayer. PTPN II melakukan pembangunan pavin block di kawasan Tangkahan sepanjang 700 meter.


PTPN IV membuat pelatihan untuk tenaga kerja. Pt Ukindo memberi perlenglapan anyaman lidi kelapa sawit. PT Indonesia Power memberi satu unit mesin terasi, tiga unit Cheast Frezeer, dan 10 unit cool box 200 liter. Pt Sinar Langkat Perkasa memberi baju rompi pelampung.


Penyerahan ini dilakukan secara simbolis oleh Syah Afandin untuk kemudian disalurkan ke masyarakat.


Sedangkan menurut Sekdakab Langkat, Amril MAP mengatakan, Pemkab Langkat mengajak seluruh perusahaan baik itu perusahaan berstatus pusat, cabang atau unit yang pelaksanaannya menjalankan operasional perusahaan di wilayah Langkat wajib melaksanakan program CSR.


"Ini berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 47 tahun 2014 tentang tanggung jawab sosial dan lingkungan perseroan. Dan peraturan daerah Langkat Nomor 3 Tahun 2014 tentang tanggung jawab sosial perusahaan," katanya.(BG/LKT)


TRENDINGMore