ASLABNEWSSUMUT

PT BGB dan Pok Darwis Lumban Silintong Ciptakan Solusi Tempat Menonton F1H20

Minggu, 12 Februari 2023, 18:46 WIB
Last Updated 2023-02-12T11:46:07Z

 

Panorama alam Danau Toba 

TOBA-BERITAGAMBAR :

Penyelenggaran even internasional F1H20 (Powerboat) yang akan diadakan di Perairan Danau Toba di Pantai Pelabuhan Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara (Sumut) pada tanggal 24-26 Februari 2023 ternyata diikuti dengan keterbatasan tempat yang bersifat aman dan nyaman.



Atas kajian dan kerjasama antara masyarakat dan even organizer lokasi tadinya lahan tidur milik masyarakat disepanjang pantai Desa Lumban Silintong ternyata menjadi pilihan tepat menjadi tempat paling strategis setelah Lokasi Pelabuhan untuk menyaksikan even internasioal F1H20.


Kepala Desa Lumban Silintong, P Berubah Siahaan membenarkan bahwa ada kerja sama antara PT Ben Golan Berkarya (BGB) sebagai IO Pariwisata dan masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pok Darwis) untuk menyediakan tempat bagi tamu yang ingin menyaksikan perhelatan even internasional F1H20.



"Sebagai pemerintah desa cukup bangga kerjasama itu. Selain lahan tidur diberdayakan juga masyarakat mendapat tambahan penghasilan atas even tersebut, sekali lagi kami sampaikan sangat-sangat mendukung kerjasama kedua belah pihak," ujar Kepala Desa Lumban Silintong, P Berubah Siahaan, Minggu (12/2) di Lumban Silintong,Balige.


Ia menyampaikan bentuk kerjasama itu berlangsung hanya selama pelaksanaan even sementara lokasi sudah dibenahi tentu lanjutannya akan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tempat usaha.


"Keberadaan PT Ben Golan Berkarya (BGB) sangat kami hormati karena sudah bersedia hadir membantu dan membuka wacana usaha baru bagi masyarakat. Sekali lagi kami sampaikan rencana ini adalah resmi mendapat ijin dari pemerintah daerah dan desa," sebutnya.


Pimpinan PT BGB, Ken Nainggolan mengakui investasi yang dikeluarkan untuk mendukung perhelatan spektakuler itu ole perusahaan sebesar Rp 1,5 miliar.


"Suatu keseriusan dan dukungan sebagaimana perusahaan yang berkecimpung bidan pariwisata tentu akan kami tunjukan baik pengelolaan maupun keberadaan lokasi," katanya.



Kata Ken Nainggolan terpilihnya Pantai Lumban Silintong yang masih rawa disulap menjadi lokasi strategis menyaksikan even internasional F1H2O adalah karena Pantai Pelabuhan berhadapan langsung dengan Pantai Lumban Silintong.



"Tentu untuk menyaksikan secara langsung pasti sebagaimana berada di tempat start di Pelabuhan," terangnya menyebut lokasi yang diberikan warga seluas 50x500 meter kini masih tahap pembenahan menggunakan alat berat.


Pelaksana Lapangan PT BGB Grup,Junita Nainggolan menyampaikan kapasitas lokasi yang dibenahi akan disediakan 3.100 kursi dibagi 2 kategori yakni VIV 300 kursi sisanya regular sebanyak 2.800 kursi.


"Untuk harga tiket VIV Rp 1,1 juta(keseluruhan sudah diboking atau habis tinggal dan untuk Regular Rp 750 ribu/tiket masih tersedia dan silahkan pesan di situs online www.nontonf1toba.com dan melalui www.tobaexperience.id serta melalui www.loket.com atau hotline 081213689479 – 0895630274010 - 085763477762," katanya.



Ditambahkan oleh Junita didampingi Tika Marpaung(Tiketing-red) bahwa selama pelaksanaan even lokasi yang dikelola akan diisi berbagai hiburan termasuk Musisi Batak Kelas Atas Eric Sihotang, Osen Hutasoit, Punxgoaran dan Festival Kuliner Khas Toba.(BG/TB)


TRENDINGMore