DAERAHNEWSSUMUT

Wali Kota P. Siantar Apresiasi Gubsu Peduli Melalui BKB

Kamis, 16 Februari 2023, 06:02 WIB
Last Updated 2023-02-15T23:02:54Z

 

Wali Kota Pematangsiantar Susanti Dewayani (kiri) memberikan makanan tambahan kepada anak-anak saat BKB Provsu di Puskesmas Martoba, Jl. TB. Simatupang.



P. SIANTAR-BERITAGAMBAR : 

Wali Kota Pematang Siantar Susanti Dewayani ucapkan terima kasih kepada Gubsu Edy Rahmayadi yang sangat peduli dan memperhatikan masyarakat melalui program Bakti Kesehatan Bermartabat (BKB) di Kota Pematangsiantar.


BKB Provsu berupa pengobatan gratis itu berlangsung di Puskesmas Martoba, Jl. TB. Simatupang, Rabu (15/2).


Wali Kota Susanti Dewayani saat itu tetap semangat menghadiri BKB itu meski hujan dan berbincang dengan warga terkait kesehatan dan gizi anak serta melayani pose bersama.


Pada kesempatan itu, Wali Kota Dewayani memaparkan program BKB memberikan pelayanan gratis meliputi khitanan massal, operasi bibir sumbing dan pengobatan gratis (penyakit dalam). “Penanganannya seluruhnya dari tim medis atau dokter dari Tim BKB Sumut.”


Wali Kota juga memaparkan terkait stunting, termasuk ciri-ciri anak stunting serta penanganannya.


“Tidak harus nasinya banyak, namun pemenuhan empat sehat dan lima sempurna seperti program Isi Piringku,” imbuh Wali Kota seraya menyampaikan pengarahan bagaimana memberikan makanan yang baik kepada anak.


Wali Kota berharap jumlah anak stunting di Pematangsiantar terus berkurang. “Jika sebelumnya dari 100 anak ada yang 14 anak stunting, harapan kita tahun depan menjadi 10 anak.”


Sebelumnya, Ketua Satgas BKB Provsu Brigjend TNI Pur dr. Harry Yusmanadi  dalam laporannya menuturkan penyelenggaraan kegiatan itu di seluruh kabupaten/kota di Provsu. 


Harry mengapresiasi antusias masyarakat yang cukup tinggi walaupun kondisi sedang hujan. 


“Kegiatan in bukan mengambil peran Dinas Kesehatan Pematangsiantar, sebab pada prinsipnya, kami  dari BKB Sumut hadir dan berkoordinasi dengan Kadis Kesehatan demi memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” jelas Harry.


Dalam kegiatan, lanjut Harry, pihaknya juga memberikan makanan tambahan kepada lanjut usia (lansia) dan anak-anak. “Semoga bermanfaat bagi masyarakat."


Selanjutnya, Wali Kota dan Ketua Tim BKB  meninjau pelaksanaan bakti kesehatan di dalam Puskesmas Martoba. Kegiatan juga berupa pemberian makanan tambahan kepada anak-anak yang hadir.


Tampak hadir Plt Kadis Kesehatan dr. Erika Silitonga, Wakil Direktur II RSUD dr Djasamen Saragih Marojahan Nainggolan, Plt Kadis Pendidikan Rudol Barmen Manurung, Camat Siantar Utara Irwansyah Saragih, Ketua BKMT Ernayati Saragih dan lainnya.(BG/PS)





 

TRENDINGMore