NEWSSAMOSIRSUMUT

Bupati Samosir Hadiri Musrenbang Propsu Zona Dataran Tinggi

Jumat, 17 Maret 2023, 19:32 WIB
Last Updated 2023-03-17T12:32:15Z
Gubsu Edy Rahmayadi (lima kiri) bersama Bupati Samosir Vandiko T Gultom dan kepala daerah Zona Dataran Tinggi memukul gendang sebagai tanda pembukaan Musrenbang RPJMD Sumut 2023 di Horison Hotel, Jl. Rakutta Sembiring, Kota Pematangsiantar, Jumat (17/3).



P. SIANTAR-BERITAGAMBAR : 

Bupati Samosir Vandiko T Gultom menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2024 Provsu Zona Dataran Tinggi di Horison Hotel, Jl. Rakutta Sembiring, Kota Pematangsiantar, Jumat (17/3).

 

Musrenbang dibuka Gubsu Edy Rahmayadi, menegaskan Zona Dataran Tinggi, pengelolaannya harus tepat guna, karena ada pemerintah mulai kecamatan hingga gubernur.


“Jadi, jangan saling menyalahkan, tapi mari bergandengan tangan,” tegas Gubsu Edy Rahmayadi saat membuka 


Gubsu menambahkan Provsu terbagi empat zona terdiri Zona Kepulauan, Zona Dataran Tinggi, Zona Pantai Timur dan Zona Pantai Barat.


Ada Sembilan kabupaten/kota di Zona Dataran Tinggi terdiri Pematangsiantar, Simalungun, Karo, Dairi, Pakpak Barat, Toba, Samosir, Humbang Hasundutan dan Tapanuli Utara.


“Di dalam pra Musrenbang, ada kesepakatan pekerjaan yang akan kita lakukan dan yang menjadi prioritas,” sebut Gubsu.


Gubsu juga menyebutkan Pemprovsu di 2024 akan memprioritaskan pertanian hortikultura dan alasannya, akibat resesi dunia akan terjadi kelangkaan pangan.


Sebelumnya, Wali Kota Susanti Dewayani menyatakan sebagai satu-satunya kota di Zona Dataran Tinggi, Pematangsiantar sudah seharusnya menjadi pusat perdagangan dan jasa bagi delapan kabupaten lainnya.


“Apalagi di Pematangsiantar telah tersedia berbagai fasilitas dan infrastruktur khususnya dalam upaya pengembangan Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN) super prioritas Danau Toba,” imbuh Wali Kota.


Pematangsiantar kota pendidikan, lanjut Wali Kota, banyak sekolah dan sarana kesehatan. “Selain lokasinya strategis.”


Penutup kepala Gubsu namanya Gotong Parhorja dan penutup kepala Wali Kota namanya Bulang Sulappei. Keduanya berfungsi untuk melindungi kepala saat bekerja. Sedang pengikat pinggang namanya Hiou Pamotting yang bermakna agar kuat bekerja, semangat dan tidak mengeluh.


Penampilan tortor (tarian) Sombah, menyanyikan lagu Indonesia Raya dari paduan suara Inggou Victory, penayangan video inovasi unggulan masing-masing kabupaten/kota, penayangan video pencapaian Gubsu dan perayaan HUT Gubsu ke-62 yang jatuh pada 10 Maret 2023 serta pemukulan gendang bersama menandai pembukaan Musrenbang RPJMD.(BG/TS)


TRENDINGMore