NEWSSUMUT

Bupati Taput Apresiasi Kegiatan Safari Jurnalistik yang Dilaksanakan PWI Bonapasogit

Jumat, 03 Maret 2023, 20:04 WIB
Last Updated 2023-03-03T13:04:53Z
Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan didampingi Kadis Kominfo Tapanuli Utara Hendrik Taruna dan Forkopimda Tapanuli Utara bergambar bersama pada acara Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) dan HUT Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke-77.


TAPUT-BERITAGAMBAR :

Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan didampingi Kadis Kominfo Tapanuli Utara Hendrik Taruna dan Forkopimda Tapanuli Utara hadiri Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) dan HUT Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke-77 Tingkat Kabupaten dan penyerahan hadiah lomba karya tulis tingkat pelajar SMA yang dilaksanakan di Taman Kota Tarutung, Jumat (3/3)


Kegiatan yang mengangkat Tema "Pers Bebas, Demokrasi Bermartabat" tersebut dihadiri perwakilan siswa siswi dari SMA yang ikut lomba karya tulis dengan tema “Dampak Keberadaan Taman Kota Tarutung Bagi Masyarakat.


Bupati Taput Nikson Nababan mengucapkan terima kasih kepada seluruh wartawan, khususnya jajaran Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bonapasogit atas perhatian, dukungan dan kerja sama yang telah dibangun selama ini dengan Pemkab Tapanuli Utara.


"Puji Tuhan kerja sama kita telah memberikan pencerahan, penerangan dan kecerdasan kepada masyarakat dan telah berbuah terhadap kemajuan di Kabupaten Tapanuli Utara," ujarnya. 


Menurutnya, keterbukaan Pemerintah dianggap sangat penting bagi masyarakat, sehingga jika masyarakat mengetahui maka akan ada trust atau kepercayaan kepada Pemerintah.


" Kalau masyarakat percaya pada pemerintah, akan ada partisipasi dari rakyat untuk membantu pemerintah dalam melaksanakan pembangunan," ungkapnya. 


Dalam acara tersebut, Bupati juga menegaskan selama ini sangat terbantu dengan hadirnya awak media sebagai mitra yang strategis, analitis, objektif dan bertanggung jawab.


" Saya sangat mengapresiasi kerja PWI Bonapasogit melalui lomba karya tulis tingkat SMA. Bahkan untuk kegiatan para pelajar demi meningkatkan prestasi para generasi penerus bangsa. Kita siap mendukung melalui APBD, seperti lomba koor, lomba menulis, lomba futsal, volley, sepak bola dan karya yang lain. Agar anak-anak muda Taput bisa mengeluarkan dan mengembangkan bakat-bakat yang mereka miliki sebagai wujud SDM berkualitas, " katanya. 


Bupati mengungkapkan, luar biasa kerja PWI Bonapasogit yang telah melibatkan pelajar SMA. Luar biasa terobosannya. Dia juga mengucapkan selamat kepada adik-adik pemenang lomba dan saya berharap para pemenang lomba akan semakin meningkatkan prestasinya. Bagi adik-adik yang belum juara tetap semangat dan tetap berkarya. 


Kegiatan Safari Jurnalistik yang dilaksanakan oleh PWI Bonapasogit ini merupakan rangkaian memeriahkan Peringatan HPN dan HUT PWI ke 77 tingkat Kabupaten. 


Pada kesempatan itu, Ketua PWI Bonapasogit, Alfonso Situmorang mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian Peringatan HPN dan HUT ke 77 PWI. Kegiatan Safari Jurnalistik yang dilaksanakan adalah untuk mengenalkan peran jurnalistik kepada pelajar. 


" Kehadiran kami ke sekolah mengajarkan kepada pelajar teknik membuat berita dan feature. Jumlah yang mengikuti lomba jurnalistik ini sebanyak 83 peserta dengan Tema : Dampak Taman Kota Tarutung bagi masyarakat Taput," ujarnya. 


Alfonso dalam kesempatan itu mengapresiasi perhatian serta dukungan dari Bupati Tapanuli Utara yang terus mendukung kegiatan PWI Bonapasogit. 


" Semoga kemitraan dengan PWI Bonapasogit kedepannya semakin lebih baik dan kami doakan Pak Bupati sukses dalam karir politiknya," tukasnya.


Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Tarutung Herbin Togatorop pada kesempatan itu mengapresiasi kepada PWI Bonapasogit yang memberikan pencerahan, pelatihan dan memberikan stigma positif kepada pelajar. 


" Harapan kami, PWI tumbuh dan terus berkembang secara propesional. Apresiasi yang sebesar - sebesarnya kepada PWI Bonapasogit. Kiranya dengan kegiatan ini, pelajar dapat tumbuh dan berkembang dalam menulis, " ujarnya. 


Ketua Pengadilan Negeri Tarutung yang diwakili oleh Humas Pengadilan Negeri Tarutung, Natanael Sitanggang juga mengapresiasi kepada pelajar yang telah berperan aktif dan turut serta dapat membangun literasi. 


" Literasi adalah sangat penting dalam menunjang karir. Seperti di bidang hukum, literasi sangat perlu dalam menganalisa. Saya rasa kegiatan yang dilaksanakan PWI Bonapasogit adalah kegiatan positif untuk mendorong para pelajar dalam meningkatkan literasi, " terangnya. 


Dia mengatakan, kiranya PWI tetap sukses dan tetap berjaya. 


Pada kegiatan itu, turut juga hadir, Kadis Kominfo Taput, Hendrik Surbakti, Danramil Pahae Julu Kapten Inf Pandapotan Sitompul yang mewakili Dandim 0210 / TU, Aiptu Pol Walpon Baringbing yang mewakili Kapolres Taput, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Tarutung, Herbin Togatorop, Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Tarutung, Tupa Manurung, Kepala Sekolah Negeri 3 Tarutung, Dalles Tambun, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Sipoholon Manangar Cardo Marpaung, sejumlah guru dan 83 orang pelajar SMA yang mengikuti lomba karya tulis 


Pada kesempatan itu, Pengurus PWI Bonapasogit mengumumkan langsung pemenang lomba karya tulis tingkat pelajar SMA.


Adapun kategori pemenang lomba karya tulis meliputi, juara 1 sampai juara 3, juara harapan 1 sampai juara harapan 3 dan pemenang lomba karya tulis untuk juara favorit sebanyak 6 orang.


Para pemenang diberikan hadiah uang pembinaan serta piagam, dan seluruh peserta karya tulis menerima sertifikat dari pengurus PWI Bonapasogit.


Untuk Juara I diraih oleh Resti Amanda Ritonga dari SMA Swasta HKBP 2 Tarutung, Juara II diraih oleh Royto Sinaga dari SMA Negeri 3 Tarutung, Juara III diraih oleh Sinta Yunita Putri dari SMA Negeri 2 Tarutung. Kemudian untuk Juara Harapan I diraih oleh Maria Purba dari SMA Negeri 3 Tarutung, Juara Harapan II diraih oleh Harya Agustina Simanungkalit dari SMA Negeri 1 Tarutung dan Juara Harapan III diraih oleh Tien Tessalonika Manalu dari SMA Negeri 1 Sipoholon. 


Kemudian untuk juara favorit yakni, Theresa Simarmata dari SMA Negeri 3 Tarutung, Klara Apriani Lumbantobing dari SMA Swasta HKBP 1 Tarutung, Eva Debora Hutagalung dari SMA Swasta HKBP Tarutung, Zhekiel Simanjuntak dari SMA Negeri 2 Tarutung, Sifra Marlina Pasaribu dari SMA Swasta HKBP 2 Tarutung dan Yolanda Septiani Situmorang dari SMA Swasta HKBP 2 Tarutung.


Para pemenang diberikan hadiah berupa uang pembinaan dan piagam penghargaan.(BG/TU)

TRENDINGMore