NEWSPOLITIKSAMOSIR

Inilah Dapil dan Alokasi Kursi DPRD Samosir di Pemilu 2024

Kamis, 30 Maret 2023, 22:15 WIB
Last Updated 2023-03-30T23:18:27Z

 

Ketua KPU Samosir Ika Rolina Samosir didampingi Komisioner KPU Robinsar Junaedi Barus, Monang Sinaga menutup sosialisasi Dapil dan Jumlah kursi DPRD Samosir.

SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Samosir melaksanakan sosialisasi tentang Daerah Pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi DPRD Samosir untuk Pemilu 2024, di Taruna Cafe Pangururan, Kamis (30/3) sore.


Sosialisasi tersebut dihadiri para pimpinan Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu, Forkopimda, Bawaslu Samosir, Ormas dan Tokoh Agama dan Wartawan.


Ketua KPU Samosir Ika Rolina Samosir, mengatakan, sosialisasi yang dilaksankan sesuai PKPU Nomor 6 tahun 2023, yakni tentang penetapan Daerah Pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi DPRD Samosir untuk Pemilu 2024 yang sudah ditetapkan KPU RI.

KPU Samosir Sosialisasi Dapil dan Alokasi kursi DPRD Samosir.


"Dalam Pemilu 2024 nanti jumlah kursi tetap sama dari Pemilu sebelumnya, yakni 25 kursi yang tersebar di 4 Dapil. 


Dapil 1, terdiri dari  2 kecamatan meliputi Kecamatan Pangururan dan Ronggur Nihuta dengan jumlah 8 kursi. 


Dapil 2, terdiri dari  2 kecamatan yakni Simanindo dan Onan Runggu,dengan 5 kursi.


Dapil 3, terdiri dari 2 Kecamatan, yakni Palipi dan Nainggolan, 7 kursi


Dapil 4, terdiri dari 3 kecamatan, yakni Kecamatan Harian, Sitio-tio dan Sianjur Mulamula dengan jumlah 5 kursi.


"Oleh karena itu, hari ini kami mensosialisasikan kepada peserta Pemilu, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan rekan media di Samosir pada hari ini," sebut Ika.



Sementara untuk Pemilihan DPRD Propinsi Sumatera Utara, Kabupaten Samosir masuk daerah Pemilihan 9 dan DPR RI, Kabupaten Samosir bergabung dalam Sumut II,"jelas Ika. 


Sementara itu Komisioner KPU Samosir Robinsar Junaedi Barus, mengajak peserta mensukseskan Pemilu 2024 agar berjalan baik dan lancar.


"Jadi KPU tetap melakukan secara masif bagaimana partisipasi masyarakat dan kualitas demokrasi semakin baik dan meningkat di Samosir," ucapnya.



"Itu harus kita kerjakan dan lakukan bersama-sama, bukan hanya oleh KPU saja tetapi oleh seluruh masyarakat dan stakeholder yang ada di Kabupten Samosir," tambahnya.(BG/TS)


TRENDINGMore