DAERAHNEWSSUMUT

Ketua DPRD Simalungun Bantu Biaya Operasi Persalinan Warga Tak Mampu

Kamis, 30 Maret 2023, 20:37 WIB
Last Updated 2023-03-30T13:37:28Z

Ketua DPRD Simalungun, Timbul Jaya Sibarani (dua kiri) berbincang dengan orang tua Sri, sesaat setelah pembayaran biaya perobatan Sri di RSU Tiara Kasih Sejati P.Siantar.

  

SIMALUNGUN-BERITAGAMBAR : 

Sri Astika Sari (32) akhirnya bisa tersenyum lebar setelah mendengar biaya persalinan dirinya telah dibayarkan Ketua DPRD Simalungun, Timbul Jaya Sibarani, kepada manajemen RSU Tiara Kasih Sejati Pematangsiantar.


Sri Astika selama sepekan dirawat di RSU Tiara karena melahirkan anaknya dengan tindakan operasi. Namun, ibu rumah tangga yang tidak punya pekerjaan tetap dan tidak terdaftar sebagai peserta BPJS tersebut kebingungan untuk membayar biaya perobatannya selama di rumah sakit mencapai Rp.8 juta.


Sri Astika yang tinggal bersama orang tuanya di Dusun Sidomulyo, Nagori Kasindir, Kec. Jorlang Hataran, Kab. Simalungun, benar-benar tidak mampu membayar biaya sebesar itu. Beruntung, informasi tentang kesulitan membayar biaya rumah sakit tersebut sampai ke telinga Ketua DPRD Simalungun, Timbul Jaya Sibarani, yang juga Ketua DPD Partai Golkar Simalungun.


Tanpa basa basi, Timbul Jaya yang sudah 4 periode menjadi wakil rakyat di DPRD Simalungun tersebut, langsung mendatangi alamat RSU Tiara Pematang Siantar, Kamis (30/3).


Kedatangan Ketua DPRD Simalungun itu disambut gembira bercampur haru oleh Sri dan orang tuanya. Begitupun pegawai rumah sakit menyambutnya dengan hormat dan penuh rasa bangga.


Timbul datang membawa ambulance sosial DPD Golkar Simalungun, sekaligus membayarkan biaya perawatan Sri Astika dan mengantar pulang ke rumahnya.


” Sebagai manusia kita wajib saling membantu. Begitu menerima informasi ada warga Jorlang Hataran yang dirawat di RSU Tiara dan tidak mampu membayar biaya rumah sakit, saya langsung datang untuk membayar tagihannya, dan mengantar pulang ke rumahnya di Nagori Kasindir dengan ambulance sosial DPD Golkar Simalungun,” ujar Timbul.


Kepada Sri yang didampingi ayahnya bernama Jumangi dan Ketua DPD Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) Simalungun Rudianto Panjaitan dan Ketua JPKP Jorlang Hataran Freddy Rajaguguk, Timbul Jaya meminta supaya segera mengurus BPJS Kesehatan yang ditanggung pemerintah, sehingga dapat digunakan untuk mendapat perawatan di rumah sakit pemerintah dan swasta tanpa bayar.


Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani membantu biaya perobatan Sri di rumah sakit sebesar Rp.4 juta, JPKP Simalungun dan Jorlang Hataran Rp.2 juta, sedangkan kekurangannya bantuan RSU Tiara Kasih Sejati.


Jumangi ayah Sri dengan rasa haru menyampaikan terimakasih kepada Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani yang memberikan perhatian membantu masyarakat yang kesusahan.


” Saya ucapkan terimakasih kepada pak Timbul Jaya Sibarani yang memberikan perhatian besar kepada putri saya, bukan hanya membantu biaya rumah sakit namun menyiapkan mobil ambulance untuk mengantar kami pulang. Semoga pak Timbul sehat dan semakin sukses,” ujar Jumangi terharu.


Ketua DPD JPKP Kab. Simalungun Rudianto Panjaitan juga mengapresiasi kepedulian Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani menangani masalah masyarakat miskin.


” Kepedulian pak Timbul Jaya patut diapresiasi. Dia begitu peduli terhadap masalah yang dihadapi masyarakat miskin. Bahkan membantu tidak sekedar, bukan hanya biaya rumah sakit, namun juga menyiapkan ambulance untuk mengantar pulang Sri,” cetus Ketua DPD JPKP Simalungun, Rudianto Panjaitan.(BG/SMG)




TRENDINGMore