NEWSSUMUT

Empat Ruko Terbakar di P. Siantar

Kamis, 30 Maret 2023, 20:43 WIB
Last Updated 2023-03-30T13:43:08Z
Sejumlah warga mengerumuni kobaran api yang melahap empat ruko yang ada di Jalan Patuan Anggi, Kota Pematang Siantar, Kamis (30/3).


P. SIANTAR-BERITAGAMBAR :

Kebakaran melanda deretan empat rumah toko (ruko) yang berada di Jalan Patuan Nanggi, Kelurahan Baru, Kecamatan Siantar Utara, Kota Pematang Siantar, Kamis (30/3) sore.


Sontak kebakaran ini menimbulkan kepanikan dari warga yang berada di pusat pasar Parluasan yang hanya beberapa meter dari lokasi.


Api membakar ruko-ruko yang menjual peralatan jahit, toko bangunan material, dan toko elektronik. Beberapa kali ledakan terdengar dari sumber api. 



Sedikitnya empat unit branwir dari Dinas Pemadam Kebakaran Pemko Pematang Siantar maupun PT STTC masih berupaya memadamkan api secara bergantian.


Kerumunan masyarakat yang ikut menyaksikan kobaran api tak pelak menyulitkan personel Damkar melakukan pemadaman, sehingga Polres Pematang Siantar pun memasang Police Line menjaga proses pemadaman hingga penyelidikan bebas dari gangguan. 


Kapolsek Siantar Utara, AKP Herly Damanik menyampaikan, dugaan sementara api berasal dari Toko Jaya, yang diketahui menjual besi, dan material bahan bangunan.


“Ada empat ruko terbakar yang diduga sumber apinya berasal dari Toko Jaya penjual alat-alat besi dan meterial. Sumber api diduga berasal dari drum berisi tiner. Itu dugaan sementara,” kata Herly Damanik. 


Herly menyampaikan, tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun ada penghuni ruko yang mengalami luka bakar dan telah dilarikan ke RS Vita Insani Pematang Siantar untuk mendapatkan perawatan darurat.


“Jadi pada saat ini masih dilakukan pemadaman. Ada empat mobil damkar. Untuk sementara korban jiwa tidak ada,” kata Herly Damanik.



Proses pemadaman pun hingga kini (Pukul 18.00 WIB) masih berlangsung mengingat bahan yang terbakar adalah material yang mudah terbakar.(BG/TS)

TRENDINGMore