BUDAYANEWSSUMUT

Mangapul Purba Pimpin Harungguan Purba Simalungun

Minggu, 12 Maret 2023, 12:18 WIB
Last Updated 2023-03-12T05:18:20Z
Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumatera Utara (Sumut), Mangapul Purba saat dilantik jadi Ketua Umum Harungguan Purba Simalungun Indonesia.


P. SIANTAR-BERITAGAMBAR :

 Mangapul Purba dikukuhkan menjadi Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Harungguan Purba Simalungun Indonesia (DPP HPSI), di Lapangan Parkir Pariwisata, Jalan Merdeka, Pematang Siantar Sabtu (11/3).



Harungguan Purba merupakan organisasi baru perkumpulan 14 sub marga Purba, yakni Purba Tambak, Purba Pak Pak, Purba Siboro, Purba Sidasuha, Purba Girsang, Purba Tua, Purba Sidadolog, Purba Sidagambir, Purba Sigumonrong, Purba Tanjung, Purba Tondang, Purba Tambun Saribu, Purba Manorsa dan Purba Silangit.


Selain Mangapul Purba, pengurus Harungguan Purba yang dilantik adalah Katua Harian Gidion Purba Tambak, Wakil Ketua Harian Suit Purba Dasuha dan 14 wakil ketua. Kemudian Sekretaris Umum Rohdian Purba Silangit ditambah 14 wakil sekretaris dan Bendahara Umum Richardo Purba ditambah 14 wakil bendahara serta bebagai bidang kepengurusan.


Seluruh pengurus yang dilantik berasal dari perwakilan 14 sub marga Purba Simalungun.



Mangapul Purba yang merupakan Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumatera Utara (Sumut), mengatakan, 14 sub atau cabang marga Purba Simalungun membentuk wadah besar (harungguan) untuk mempersatukan seluruh marga Purba Simalungun yang tersebar di Indonesia.



"Harungguan adalah sebagai wadah tempat bermusyawarah dan merdiskusi terkait pengembangan potensi sumber daya manusia dan pembangunan segmen budaya dan kepentingan lainya dalam bingkai mempererat silaturahmi dan menjaga persatuan dan tetap dalam konteks menjaga Pancasila dan NKRI," sebut Mangapul dalam keterangan tertulisnya Sabtu malam (11/3/2023)


Mangapul menjelaskan, Harungguan Purba fokus pada upaya peningkatan pembangunan Simalungun dan Kota Pematangsiantar, khususnya untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia. HPSI juga berkomitmen meningkatkan kegiatan di bidang bidang sosial, ekonomi, budaya dan juga politik.



Program DPP HPSI ini tidak hanya dilaksanakan di Kota Pematangsiantar dan Kabuaten Simalungun saja, tetapi juga di daerah lain. Karena itu DPP HPSI akan membentuk kepengurusan HPSI di berbagai daerah di luar Kabupaten Simalungun dan Kota Pematangsiantar.


“Seluruh sub atau cabang marga Purba Simalungun sudah memiliki perkumpulan marga masing-masing. Namun perkumpulan 14 marga purba Simalungun belum ada. Karena itulah kami menghimpun seluruh marga Purba Simalungun dalam satu wadah HPSI. Tujuan kita untuk membangun Simalungun dan Kota Pematangsiantar, khususnya pembangunan sumber daya manusia, budaya dan ekonomi,” ujar Mangapul yang juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut ini


Wali Kota Pematangsiantar Susanti Dewayani mengatakan, kehadiran HPSI menjadi langkah awal 14 cabang marga Purba Simalungun secara bersama-sama membangun Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun.


“Semakin kuat persatuan Purba Simalungun semakin baik pula kerja sama dengan pemerintah daerah membangun Kota Pematangsiantar dan Simalungun. Karena itu kesatuan Purba Simalungun perlu terus diperkokoh di masa mendatang,” katanya.


Sementara itu, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga mengajak putra-putra terbaik Simalungun bertarung politik pada Pemilu 2024.



“Saya yakin kader-kader Purba ini banyak yang terbaik. Mari kita bersama-sama membangun kampung halaman kita saat ini,” katanya. (BG/PS)


TRENDINGMore