ASLABNEWSSUMUT

Pemkab Batubara Berangkatkan Umroh Juara MTQ

Jumat, 17 Maret 2023, 11:41 WIB
Last Updated 2023-03-17T04:41:52Z
Bupati Batubara Ir Zahir, M.AP pada pembukaan MTQ XVI tingkat Kabupaten Batubara tahun 2023 di lapangan Dolokpop, Limapuluh.



BATUBARA-BERITAGAMBAR : 

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), merupakan sayembara untuk memperebutkan piala/tropy dan uang pembinaan. Pesertanya merupakan juara di tingkat kecamatan untuk selanjutnya bertanding di tingkat kabupaten, sekaligus sebagai persiapan menjaring qari/qariah terbaik menghadapi MTQ tingkat Provsu.


Bupati Batubara Ir. H. Zahir, didampingi Ketua DPRD, M. Syafi’i, SH, Ketua TP PKK, Ny. Hj. Maya Indriasari, Zahir, SE, Ketua LPMTQ beserta unsur Forkopimda dan Kabag Kesra Adnan Haris mengatakan itu kepada wartawan seusai membuka pelaksanaan MTQ XVI tingkat Kabupaten Batubara tahun 2023 di lapangan Dolokpop, Kecamatan Limapuluh, Kamis (16/3) petang.


Untuk menambah semangat dan motivasi masyarakat maupun anak-anak dalam menggalakkan membaca dan mengamalkan Kalamullah (kitab Allah) ini, Pemkab Batubara memberikan stimulus kepada juara I dengan memberangkatkan umroh ke Tanah Suci Mekkah. “Ini dilakukan supaya semangat peserta yang bertarung lebih kuat,” ujarnya.


Bupati Zahir mengaku telah menyampaikan di jajarannya maupun camat untuk lebih meningkatkan pembinaan dalam upaya menggalakkan membaca kita suci Alquran.


Tidak hanya itu, dewan hakim juga dilakukan pelatihan menggali sumber-sumber baru untuk menambah pengetahuan maupun qari/qariah baru melalui rumah tahfiz dan sekolah agama di Batubara, nantinya menjadi cikal bakal pengganti yang sekarang. “Semua ini harus disiapkan,” ujarnya.


Untuk mendukungnya lanjut Zahir, Kabupaten Batubara akan menerbitkan Perda Maghrib Mengaji dengan terlebih dahulu menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) Batubara, yang diharapkan nantinya dapat berjalan di tengah-tengah masyarakat, sebagai upaya membersihkan jiwa.


Sebelumnya dilakukan pelantikan terhadap dewan pengawas dan dewan hakim MTQ sekaligus memakaikan toga kepada masing-masing ketua dan pemberian santunan BPJS kepada sejumlah ahli waris masyarakat oleh Bupati Zahir dan pemukulan beduk pertanda dibukanya MTQ.


Asisten I Pemerintahan dan Kesra Setdakab Batubara Rusian Heri melaporkan, MTQ diikuti 446 peserta/kafilah se-Kabupaten Batubara dengan cabang yang diperlombakan, Tilawah Qur’an, Seni Baca Alquran Qiroah, Tartil Qur’an, Hidzil Qur’an, Fahmil Qur’an, Syahrir Qur’an, Kaligrafi dan sebagainya yang berlangsung dari 16 hingga 19 Maret 2023. (BG/BB)


TRENDINGMore