NEWSSUMUT

Pemprovsu dan Pusat Kolaborasi, 3 Tim Survei Dibentuk Cek Persiapan Jalur Mudik Lebaran 2023

Rabu, 29 Maret 2023, 19:26 WIB
Last Updated 2023-03-29T12:26:58Z

 

Pemprovsu dan Pusat Kolaborasi, 3 Tim Survei Dibentuk Cek Persiapan Jalur Mudik Lebaran 2023.

MEDAN-BERITAGAMBAR :

Jelang arus mudik Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah, Pemerintah Pusat dan Pemprov Sumatera Utara, berkolaborasi dengan membentuk tiga tim survei persiapan jalur mudik akan dilalui masyarakat nantinya.



Ketiga tim itu, terdiri Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah II Sumut, Balai Besar Jalan Besar Nasional, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Sumut, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sumut, Dishub Sumut dan Direktorat Lalulintas Polda Sumut.


Kadis Perhubungan Sumut, Agustinus Panjaitan, mengatakan tim tersebut, sudah bergerak melaku survei persiapan jalan akan dilalui pemudik, sejak Senin (27/3) kemarin hingga satu pekan mendatang.



"Tim yang berangkat, satu minggu kedepan, nanti mereka sampaikan hasilnya," sebut Kadishub Agustinus Panjaitan kepada wartawan, Rabu (29/3).



Kadishub Agustinus Panjaitan mengungkapkan sasaran survei dibagi tiga wilayah, yakni Pantai Timur, Pantai Barat dan jalur dataran tinggi. Sehingga seluruh jalur mudik antar Kabupaten/Kota hingga antar provinsi, akan dilakukan cek fisik jalannya.


"Tujuannya, memastikan jalur mudik. Ada pantai timur, pantai barat dan dataran tinggi," ujar Kadishub Agustinus Panjaitan.


Lebih lanjut Kadishub Agustinus Panjaitan menjelaskan dari hasil survei tersebut, ada rekomendasi, yang disampaikan, yang mana jalur mudik, yang harus cepat ditangani seperti dilakukan perbaikan jalan dengan cepat dan harus dilengkapi rambu-rambu lalulintas hingga rawan bencana alam serta rawan kecelakaan.



"Itu nanti kewenangannya, tentu disesuaikan setelah tim (hasil) komplikasi, diinventarisir yang perlu ditangani dan kita rekomendasi ke pemangku kepentingan terkait. Kalau dia di jalan nasional ke Balai Jalan Besar, kalau dia jalan provinsi ke Dinas PUPR Sumut, kalau kerambuan bisa Kemenhub dan bisa Dishub Sumut atau Kabupaten/Kota," jelas Kadishub Agustinus.


Selain itu, Kadishub Agustinus mengungkapkan tim survei ini, akan memberikan informasi dan langkah-langkah yang akan dilakukan untuk persiapan arus mudik. Dengan tujuan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat, yang melaksanakan mudik Lebaran 2023 ini.



"Penanganan awal sebelum hari H, yang tentu menjadi konsentrasi. Artinya, jalannya rusak tidak bisa ditangani dengan jangka pendek. Tapi, minimal perambuan, informasi kepada pengguna jalan," ujar Kadishub Agustinus.


Disisi lain, Kadishub Agustinus mengatakan persiapan juga dilakukan terhadap armada mudik. Pihak Dishub Sumut bekerjasama dengan stekholder terkait akan melakukan sejumlah kegiatan seperti cek fisik armada dan pengemudi serta awak bus. Salah satunya, tes urine.


"Kita rapatkan dan kordinasikan dengan stekholder terkait. Persiapan-persiapan sudah kita lakukan, dan H-7 Lebaran, nanti kita lakukan (eksekusi)," tandas Agustinus.(BG/MED)

TRENDINGMore