NEWSSUMUT

Idulfitri 1444 H, Gubsu Edy Berangkatkan 3.500 Pemudik Gratis

Rabu, 19 April 2023, 11:47 WIB
Last Updated 2023-04-19T05:49:14Z
 Idulfitri 1444 H, Gubsu Edy Rahmayadi Berangkatkan 3.500 Pemudik Gratis


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi memberangkatkan ribuan peserta ‘Mudik Gratis Bermartabat’ Lebaran Idul Fitri 1444/2023 dilaksanakan Dinas Perhubungan Sumut, di Kantor Gubernur, Jalan Pengeran Diponegoro, Rabu (19/4).


Dalam program mudik gratis ini, sejumlah 3.500 orang diberangkatkan dengan jumlah 94 bus. Tujuannya Kota Medan menuju Penyabungan, Padangsidimpuan, Sibolga, Rantauprapat, Gunung Tua, Sidikalang, Salak, Stabat dan Besitang.


Gubsu Edy mengatakan, program ini dilaksanakan untuk mempermudah kondisi masyarakat yang masih belum pulih kondisi ekonominya akibat pandemi Covid-19. Kegiatan ini juga sebagai upaya menekan penggunaan sepeda motor untuk mudik.


“Memang kondisi keuangan kita ekonomi rakyat kita kurang, untuk itu kita suport, ini ada kegiatan budaya kita rakyat sumut khususnya, setiap tahunnya itu bersilaturahmi keluarga,” kata Edy.



Pemprov Sumut juga menyediakan bekal berupa snack dan persedian buka bersama untuk pemudik. Ia juga meminta para pemudik tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes), karena Covid-19 belum dinyatakan selesai.


“Covid ini belum usai, tapi saya informasikan kepada mereka semua, sedapat mungkin mereka menjaga prokes. Para pemudik dibekali, didalam bus disiapi logistik, selama perjalanan,” ungkapnya.


Lebih lanjut, Edy mengatakan, Pemprov Sumut dan Forkopimda juga menjamin keamanan rumah-rumah para pemudik yang ditinggalkan tetap aman. Ia juga mengingatkan agar para pemudik, memperhatikan kondisi listrik saat meninggalkan rumah.



“Kami sudah koordinasi kemeren dipimpim ketua DPRD, kami rapat Forkompimda, Kapolda, Pangdam, untuk memfasilitasi mengamankan rumah-rumah rakyat yang ditinggalkan,” ungkapnya.


“Saya informasikan kepada rakyat, kami akan patroli hanya diluar rumah, untuk itu didalam rumah siapkan benar, lampu listriknya, air dan kompor, semua arus dikondisikan dalam posisi aman,” pungkasnya.(BG/MED)


TRENDINGMore