DAERAHNEWSSUMUT

Ketua YKI Sumut Goes To School di SMAN2 Binjai

Jumat, 14 April 2023, 16:01 WIB
Last Updated 2023-04-14T09:01:26Z

  1. Ketua YKI Sumut Goes To School di SMAN2 Binjai.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis mengatakan kanker bukan penyakit menular yang perlu ditakuti. Selain faktor genetik (keturunan) ada faktor lain yang bisa meningkatkan risiko kanker seperti faktor usia, konsumsi alkohol, merokok obesitas dan kurangnya penerapan pola hidup sehat. 


"Kanker bukan penyakit menular dari kawan kalian. Tapi adanya sel abnormal bersifat ganas yang tumbuh dan menyebar ke tubuh penderita,” ucap Nawal Lubis, saat memberikan paparan di hadapan para siswa SMAN Negeri 2 Binjai, Jalan Padang Nomor 8 Rambung Dalam, Kecamatan Binjai, Kota Binjai, Kamis (13/4).


Menurut Nawal Lubis, berdasarkan Data Global Cancer Observatory 2020, kasus penderita kanker pada remaja usia 10-19 tahun di Indonesia, Leukemia menempati posisi pertama menyerang anak usia 10 -19 tahun, dengan jumlah 949 kasus, kanker getah bening (Limfoma) 238 kasus, kanker otak 193 kasus, kanker tiroid 160 kasus dan terakhir kanker ovarium 124.


"Di Indonesia termasuk Sumut, kasus kanker payudara menempati urutan pertama akibat pola hidup yang tidak sehat, mereka remaja sekarang lebih suka makanan cepat saji," kata Nawal Lubis


Nawal Lubis juga menyampaikan kepada para siswa untuk menghindari risiko terkena kanker, dengan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan, menjaga pola makan, serta rajin berolahraga.


Nawal Lubis juga menyampaikan apabila ada masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan kanker bisa datang ke Kantor YKI Sumut, Jalan Iskandar Muda Nomor 272, Medan. YKI juga punya rumah singgah, jika ada saudara atau tetangga yang ingin melakukan pemeriksaan dan pengobatan kanker YKI Sumut siap membantu.(BG/MED)



TRENDINGMore