INFRASTRUKTURNEWSSUMUT

Libur Idul Fitri, Tol Tebing Tinggi-Indrapura dan Tebing Tinggi-Siantar Dibuka

Selasa, 04 April 2023, 07:51 WIB
Last Updated 2023-04-04T00:51:54Z

 

Pengecekan Jalur Tol Dolok Merawan Sinaksak oleh Wadir Lantas Polda Sumut, Kadishub beserta Tim dan PT Hutama Marga Waskita.

MEDAN-BERITAGAMBAR :

Guna memperlancar arus mudik Lebaran jelang Lebaran Idulfitri 1444 Hijriah, 2 ruas tol Trans Sumatra, yakni tol Tebing Tinggi-Indrapura dan tol Tebing Tinggi-Siantar akan dibuka.


“Iya akan kembali dibuka untuk kendaraan golongan 1 (mobil pribadi) yang akan dapat melintas saat Lebaran,” kata Sekretaris PT Hutama Marga Waskita, Ergy Pradipta, Selasa (4/3) 


Ergy Pradipta menyampaikan, pemerintah membuka dua ruas tol yang masih dalam proses perampungan tersebut demi mendukung kelancaran arus lalulintas selama mudik Lebaran.


Meski telah difungsikan, Ergy Pradipta menyebutkan, kapan waktunya 2 ruas jalan tol itu akan dibuka masih menunggu keputusan pemerintah.


Kata dia, penggunaan ruas tol yang digunakan secara fungsional itu akan melihat kepadatan kendaraan di jalan lintas nasional.


“Untuk pembukaan ruas tol masih melihat kondisi kendaraan saat mudik, apakah satu ruas atau dapat dilalui dua ruas jalan. Karena ini akan melihat kondisi kepadatan ruas jalan nasional,” katanya.


Sebelumnya, ruas tol Tebing Tinggi - Indrapura dan Tebing Tinggi-Pematang Siantar telah difungsikan saat libur Natal dan Tahun Baru 2023.



Namun saat itu pemerintah hanya menggunakan satu ruas jalan tol guna mengurangi kemacetan di jalan nasional.



Ergy Pradipta menambahkan, sejauh ini ruas tol Tebing Tinggi-Indrapura sepanjang 20,4 KM sudah merampungkan pembangunan kontruksi mencapai 97,7 persen.


Sementara itu untuk pembangunan Tebing Tinggi-Serbelawan menuju Pematang Siantar sepanjang 30 KM masih mencapai pengerjaan 65,20 persen.


Ergy mengatakan, pihak terus melakukan sejumlah persiapan untuk menutupi kekurangan.


Diharapkan, menjelang Lebaran, dua ruas tol sudah dapat dilalui kendaraan dengan standar keamanan yang lebih baik dari sebelumnya.



Kesiapan pemerintah membuka 2 ruas jalan Tol guna memperlancar mudik menjelang Lebaran 2023. (BG/MEd)




TRENDINGMore