DAERAHNEWSSUMUT

Pemkab Nias Utara Peringati Hari Otonomi Daerah ke-27

Jumat, 28 April 2023, 14:33 WIB
Last Updated 2023-04-28T07:33:13Z

 


NISUT-BERITAGAMBAR :

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias Utara melaksanakan upacara peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-27 Tahun 2023, di halaman Kantor Bupati Nias Utara, Jalan Gowezalawa, Desa Fadoro Fulolo, Kecamatan Lotu, Jumat (28/4).


Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu dalam arahannya menyampaikan bahwa Otonomi Daerah dapat dimaknai sebagai hak, wewenang dan kewajiban yang diberikan kepada daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat untuk meningkatkan daya guna dan hasil guna penyelenggaraan pemerintah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, yang memiliki azas tugas pembantuan, dekonsentrasi dan desentralisasi.


Bupati juga menyampaikan bahwa wewenang otonomi daerah diarahkan pada penggalian segala potensi yang tersedia baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia untuk meningkatkan perekonomian daerah yang berwawasan pertumbuhan dan pemerataan pendapatan, yang pada prinsipnya pelaksanaan otonomi daerah adalah diselenggarakan secara luas, nyata dan bertanggung jawab.


Melalui peringatan Hari Otonomi daerah, Bupati Nias Utara mengharapkan kepada seluruh perangkat daerah untuk terus proaktif memberikan pelayanan yang baik kepada seluruh masyarakat Kabupaten Nias Utara secara profesional sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diemban masing-masing, sehingga ke depan dengan kehadiran pemerintah dapat menjadi berkat kepada masyarakat.


Bupati Nias Utara juga mengajak seluruh jajaran pemerintah daerah dan masyarakat untuk terus mendukung pelaksanaan ajang Surfing Nias Utara yang akan dilaksanakan tahun ini dengan standar internasional.


Melalui kegiatan surfing ini ke depan agar dijadikan sebagai ajang promosi untuk memperkenalkan seluruh potensi-potensi yang dimiliki Kabupaten Nias Utara baik di tingkat provinsi, nasional maupun internasional.


Turut hadir pada upacara tersebut, Wakil Bupati Nias Utara Yusman Zega,Sekda Bazatulo Zebua, Staf Ahli, Asisten, Kepala Perangkat Daerah, Kabag Lingkup Setda, unsur TNI/POLRI, seluruh ASN dan THL di lingkungan PemKab Nias Utara.(BG/NI) 

TRENDINGMore