DAERAHNEWSSUMUT

TNI-Polri Bersama Rakyat Gotroy Bersama, Jalan Menuju 4 Desa di Simangumban Taput Kembali Lancar

Minggu, 30 April 2023, 12:53 WIB
Last Updated 2023-04-30T05:53:29Z
TNI-Polri Bersama Rakyat Gotroy Bersama, Jalan Menuju 4 Desa di Simangumban Taput Kembali Lancar .


TAPUT-BERITAGAMBAR :

Akses jalan menuju 4 desa di Kecamatan Simangumban, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara sudah dibersihkan dan bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.


Akses jalan sempat terputus akibat bencana longsor di 3 lokasi yang terjadi pada Jumat 28 April 2023 sekitar pukul 17.00 WIB.


Saat ini, arus lalu lintas dari dan menuju 4 desa, yakni Desa Dolok Sanggul, Desa Dolok Saut, Desa Lobu Sihim dan Desa Pardomuan, telah kembali normal setelah TNI-POLRI, dibantu masyarakat sekitar bekerja keras untuk menanggulangi bencana longsor dimaksud.


“longsor yang terjadi pada Jumat, 28 April 2023 sekira pukul 17.00 WIB, tepatnya di Dusun Ujung Gading, Desa Aek Nabara, telah bisa kita kendalikan dengan menerjunkan personel Kodim 0210/TU dan Polres Taput. Saat ini kendaraan roda dua maupun roda empat telah normal dan lancar,” kata Kapolres Taput, AKBP Johanson Sianturi dalam keterangan tertulis, Minggu siang (30/4).



Menurut Kapolres, bencana longsor yang terjadi pada Jumat lalu dan memutus akses jalan menuju 4 desa diakibatkan faktor cuaca. Dalam kurun waktu seminggu terakhir, hujan deras melanda wilayah itu.



Untuk menanggulangi longsor tersebut, Kodim 0210/TU dan Polres Taput akhirnya turun ke lokasi untuk pengendalian.


Dengan menggunakan alat apa adanya, pihak Polres dan Kodim 0210/TU, dibantu personil Polsek Pahae Jae Koramil dan Staff Kantor Camat Simangumban serta masyarakat setempat melakukan penanggulangan sementara agar secepatnya bisa dilalui kendaraan.


Mengingat tanah longsor yang menimbun jalan diperkirakan 10 meter dan ketinggian 3 meter, dengan bersusah payah pihak TNI dan Kepolisian, melakukan segala cara untuk penanggulangannya, termasuk meminta bantuan alat berat dinas PUTR Taput.


“Masyarakat tidak boleh kita biarkan mengalami kesusahan, apalagi dampak dari bencana alam. Di saat-saat seperti inilah TNI-POLRI hadir dan sekaligus menunjukkan rasa empati atas apa yang terjadi di tengah-tengah masyarakat,” ujar Kapolres.(BG/TU)

TRENDINGMore