NASIONALNEWS

Cerita Aulia Akbar Soal Inspirasi Pohon Hayat yang Kini Jadi Logo IKN

Selasa, 30 Mei 2023, 21:02 WIB
Last Updated 2023-05-30T14:02:38Z

 

Presiden RI Joko Widodo bersama Desainer Asal Bandung Aulia Akbar 

JAKARTA-BERITAGAMBAR : 

Aulia Akbar, desainer asal Bandung, menceritakan proses kreatif di balik tema pohon hayat yang kini menjadi logo IKN Nusantara. Aulia mengungkapkan ide tentang pohon hayat ditemukan setelah penelusuran panjang dirinya tentang kebudayaan Indonesia.



“Jadi untuk inspirasinya itu dari penelusuran kita tentang kebudayaan kita sendiri, dari Sabang sampai Merauke, yang kita cari. Apa sih yang kita bawa, satu bentuk yang semuanya tuh punya kesamaan berupa kosmologi si pohon hayat. Itu kan berupa pohon kehidupan yang bisa kita temukan,” kata Aulia kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (30/5).


Aulia menjelaskan pohon hayat juga menjadi penanda keberagaman Indonesia. Dia mencontohkan warna bendera kebangsaan Indonesia sebagai satu kesatuan.


“Ini tuh bisa jadi suatu penanda bahwa di atas keberagamaan kita pasti kita bisa bersatu, seperti layaknya bendera Merah Putih kan ya, kita menyebutnya merah dan putih, dan bukan jingga. Tapi itu merupakan hal yang tunggal. Yang satu tapi tunggal. Logo itu belajar banyak dari banyak falsafah ideologi Indonesia, yang mungkin jadi representasi ke depan di tataran kita sendiri dan dunia,” ujar Aulia.



Co-founder POT Branding House itu menceritakan pembuatan logo pohon hayat merupakan proses panjang. Dia mengatakan proses kreatif itu merupakan kerja kolektif.



“Prosesnya ya, yang pasti prosesnya bukan dari waktu yang diberikan saja, tapi waktunya itu sebuah akumulasi dari pengalaman kita lebih dari 9 tahun di industri ini. Ya saya kira Branding House dengan kawan-kawan kolektif berusaha merancang si identitas ini dengan komprehensif untuk identitas ibu kota Nusantara,” ujar Aulia.


Momen Bersejarah


Pria lulusan ITENAS Bandung itu bersyukur saat logo pohon hayat diumumkan Presiden Jokowi sebagai pemenang sayembara. Aulia menyebut momen tersebut sebagai momen bersejarah.


“Ini sebuah momen yang sangat bersejarah di desain grafis Indonesia dan kita sangat bersyukur. Mungkin karena pertama juga momennya, saya kira harus banyak belajar juga. Yang pasti rasanya sangat kaget, karena aku pribadi, legawa juga dari awal,” ujar dia.


Jokowi Luncurkan Logo IKN


Sebelumnya, Jokowi resmi meluncurkan logo bertema pohon hayat sebagai logo IKN Nusantara. Jokowi mengatakan logo tersebut merupakan hasil sayembara dengan proses yang selektif.


“Hari ini kita akan melakukan peluncuran logo baru ibu kota Nusantara yang nantinya ini akan menjadi identitas visual bagi IKN. Tadi sudah disampaikan oleh Kepala Otorita bahwa telah melalui proses sayembara yang sangat selektif,” kata Jokowi.


Jokowi menekankan logo pohon hayat IKN bukan dipilih Presiden. Logo pohon hayat itu merupakan pilihan dari masyarakat.


“Alhamdulillah telah terpilih logo dengan pemilih terbanyak. jadi yang milih bukan presiden. Hati-hati. hati-hati, yang memilih ini rakyat dan jumlahnya juga pemiliknya berapa tadi lima ratusan ribu. Jumlah juga yang tidak sedikit,” ujar Jokowi.



Jokowi berharap logo tersebut memberikan spirit untuk mewujudkan kehidupan baru.


“Logo yang terpilih bertema pohon hayat yang di desain oleh Mas Aulia Akbar. Pohon hayat ini adalah pohon kehidupan. Pohon kehidupan dan kita semuanya berharap logo pohon hayat ini akan menginspirasi IKN untuk menciptakan tempat kehidupan baru bagi kita semuanya, yang menjadi sumber kehidupan bagi seluruh masyarakat Indonesia nantinya,” kata Jokowi.


Jokowi mengatakan filosofi pohon hayat juga sejalan dengan pembangunan IKN. Tema pohon hayat itu selaras dengan spirit menumbuhkan rasa bangga Indonesia.



“Logo pohon hayat juga memiliki filosofi yang sejalan dengan semangat pembangunan IKN, menumbuhkan rasa bangga dengan jati diri bangsa sebagai negara besar, sebagai bangsa yang besar, bangsa yang majemuk dan menggugah kesadaran masyarakat untuk menjaga alam dan juga lingkungan beserta ekosistemnya,” ujar Jokowi.


“Dan juga memperkuat ikhtiar usaha kita bersama untuk berkontribusi bagi percepatan pembangunan ibu kota Nusantara kita, ibu kota masa depan Indonesia,” sambung Jokowi.(BG/ANT)

TRENDINGMore