FEATURENEWSSUMUT

Karen Br Sinaga, Siswi SMPS Sariputra Menuju Pentas Nasional

Minggu, 07 Mei 2023, 11:47 WIB
Last Updated 2023-05-07T04:54:07Z
Karen Honey Jessica Br Sinaga, Boru Batak anak Kota Padang Sidempuan saat mengikuti pentas nasional. 


Karen Honey Jessica Sinaga, si pendiam yang banyak talenta. Bertekad meraih kesuksesan di setiap jenjang karirnya, membahagiakan orangtua dan mengharumkan nama tanah kelahirannya Kota Padang Sidempuan.


Saat berbincang dengannya, siswi kelas VIII SMP Swasta Sariputra ini selalu menebar senyum manisnya. Sopan tutur katanya, lugas dalam berbicara dan luas wawasannya.



“Kakakku Kezia Honey Renata Sinaga, seorang model anak yang kini sudah remaja. Dia inspirasiku. Mamiku Lorence Gultom, dia mentor sejatiku. Papiku Hasoloan Sinaga, dia pahlawanku,” jelas Karen Sinaga, juara Puteri Anak Indonesia tingkat Sumatera Utara tahun 2023.


Dari prestasinya sebagai perwakilan Kota Padang Sidempuan di ajang kontestasi tingkat provinsi itu, Karen akan menjadi satu dari tiga utusan Sumatera Utara di ajang pemilihan Puteri Anak Indonesia tingkat nasional pada bulan Oktober nanti di Jakarta.


Siapa Karen ?


Karen Honey Jessica Sinaga, anak kedua dari empat bersaudara, buah cinta Hasoloan Sinaga bersama Lorence Br Gultom.


Tinggal di Gang Martabe, Jalan Tengku Umar, Kelurahan Losung, Kecamatan Padang Sidempuan Selatan, Kota Padang Sidempuan, Provinsi Sumatera Utara.


Kakaknya, Kezia Honey Renata Sinaga, model yang telah malang melintang di berbagai lomba fashion show dan meraih predikat juara tingkat Kota Padang Sidempuan, Tapanuli Bagian Selatan dan Provinsi Sumatera Utara.


Adiknya, Kheris David Dearly Sinaga, remaja laki-laki yang selain belajar di sekolah juga sedang fokus berlatih drummer. Kemudian Kealynn Honey Elsharon Sinaga yang masih berusia 5 tahun.


Dunia fashion show, Karen menggelutinya sejak usia 4 tahun. Ibunya, Lorence Gultom, yang ‘keukeuh’ menggali dan mengembangkan potensi puteri keduanya yang pendiam dan rajin belajar ini.


Prestasi tertinggi pertama diraih Karen adalah, juara 1 Fashion Show Anak memperebutkan Piala Kapolres Padang Sidempuan di tahun 2015. Inilah yang kemudian menjadikan Karen dan orangtuanya semakin giat dan termotivasi untuk mengikuti event-event berikutnya.


“Ternyata puteri saya ini memiliki bakat terpendam di bidang fashion show. Jujur saja, selama ini saya fokus ke kakaknya, Kezia,” terang Lorence Br Gultom.


Sebelum ini, Lorence beranggapan puterinya itu hanya memiliki bakat di bidang seni mewarnai. Dibuktikan banyaknya koleksi trophy juara yang diperoleh Karen sejak usia dini.


Seiring waktu, ibu empat anak itu menemukan bakat seni lain pada diri puterinya, yakni main alat musik piano. Dia dorong Karen mengembangkan bakat itu dengan cara mengikutkannya les musik. Saat ini, ia sudah sering mengiringi ibadah di gereja.


Masuk kelas VII SMP di Yayasan Perguruan Sariputra, talentanya semakin bersinar. Di bawah naungan guru bernama pak Benget Sardiono, Karen menjadi salah satu siswi andalan sekolah di bidang puisi.


Namun di sepanjang perjalanan waktu mulai dari Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), sang ayah Hasoloan Sinaga selalu berpesan kepada sang ibu Lorence Gultom untuk menyertakan Karen di setiap event fashion show.


Bersama kakaknya Keiza, ‘Sinaga Sisters’ ini aktif mengikuti berbagai lomba fashion show. Baik itu secara sendiri-sendiri maupun sama-sama mengikuti event yang sama di kategori yang berbeda.


Tahun lalu, Karen sukses meraih juara pertama Fashion Show Etnik tingkat SMP se-Kota Padang Sidempuan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2022.


Tahun yang sama, si pendiam namun murah senyum ini meraih predikat The Best Inteligence di Event Indonesian Stars Search Sumatera Utara 2022 dan Puteri Batik Mandailing di Madina Fashion Festival 2022.


Banyak lagi prestasi lomba fashion show yang diraihnya. Terbaru adalah juara Puteri Anak Indonesia tingkat Sumatera Utara tahun 2023 yang diselenggarakan di Convention Hall Selecta Hotel Medan, 1- 2 Mei 2023.


Di bawah naungan Kharisma Seni (founder Nasyidah Laily) dan memeragakan busana karya Kharisma Mode (owner Ilham Kharisma), anak asuh coach catwalk Leavy Deandra yang tampil mewakili Kota Padang Sidempuan ini berhasil meraih juara 3 Puteri Anak Indonesia tingkat Sumatera Utara tahun 2023.


Karen Honey Jessica Br Sinaga, Boru Batak anak Kota Padang Sidempuan saat mengikuti pentas nasional. 


Bersama perwakilan Kabupaten Mandailing Natal dan Kota Medan, Karen dari Kota Padang Sidempuan akan menjadi utusan Sumatera Utara di pemilihan Puteri Anak Indonesia tingkat nasional pada bulan Oktober nanti di Jakarta.


Secara khusus, Karen berterimakasih kepada Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution, Wakil Wali Kota Arwin Siregar, Dandim 0212/TS Letkol Inf. Amrizal Nasution, Kepala SMP Sariputra Lena Purba, Wali Kelas VIII Fitri Mutiara dan semua yang telah mendukungnya tampil di ajang bergengsi tersebut.


“Selanjutnya kami tetap memohon doa dan dukungan bapak, ibu, abang, kakak dan adik semua. Saya Karen Honey Jessica Sinaga akan berjuang totalitas mengharumkan nama Sumatera Utara di pemilihan Puteri Anak Indonesia,” ujarnya.(BG/TSEL)




TRENDINGMore