NEWSSUMUT

LHP-LKPD Pemko P. Siantar WTP

Senin, 22 Mei 2023, 20:43 WIB
Last Updated 2023-05-22T13:43:10Z

Wali Kota Pematang Siantar, dr Susanti Dewayani menerima Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2022 dari Kepala Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Sumatera Utara (Sumut) Eydu Oktain Panjaitan.


P. SIANTAR-BERITAGAMBAR :

Wali Kota Pematang Siantar, dr Susanti Dewayani menerima Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2022 dari Kepala Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Sumatera Utara (Sumut) Eydu Oktain Panjaitan, di Auditorium Kantor BPK RI Perwakilan Sumut, Jalan Imam Bonjol Kota Medan, Senin (22/5) sore.


Penyerahan LHP atas LKPD Pemko Pematang Siantar Tahun Anggaran 2022 turut dihadiri Ketua DPRD Kota Pematang Siantar diwakili Suandi Apohman Sinaga SH, Plh Sekretaris Daerah Drs Pardamean Silaen MSi, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Dra Happy Oikumenis Daely, Inspektur Herry Okstarizal SH, Plt Kepala BPKPD Arri Suaswandhy Sembiring SSTP MSi, dan Sekretaris DPRD Eka Hendra.


Dalam LKPD Tahun 2022 itu, Pemko Pematang Siantar mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK. Keberhasilan ini merupakan opini tertinggi untuk kedua kalinya secara berturut-turut diperoleh dr Susanti Dewayani selama pemeritahan.


Opini WTP yang diraih menunjukkan LKPD Pemko Pematang Siantar Tahun Anggaran 2022 telah disajikan secara jujur, transparan, akuntabel, dan sesuai dengan standar laporan keuangan yang berlaku dan telah ditentukan.


Setelah penyerahan itu, Kepala BPK RI Perwakilan Sumut Eydu Oktain Panjaitan mengatakan bahwa Opini BPK RI merupakan pernyataan profesional pemeriksa atas kewajaran penyajian laporan keuangan berdasarkan kesesuaian penyajian dengan SAP, kecukupan pengungkapan, efektivitas SPI, dan kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan.


Berdasarkan kriteria-kriteria tersebut, lanjutnya, BPK RI memberikan Opini WTP atas penyajian LKPD Pemko Pematang Siantar Tahun Anggaran 2022.


Eydu berharap Opini WTP yang diraih Pemko Pematang Siantar tersebut dapat mendorong jajaran pemerintah daerah untuk lebih meningkatkan tata Kelola keuangan pemerintah yang transparan dan akuntabel. Sehingga Opini WTP dapat diikuti dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat.


Usai menerima hasil LPKD itu, dr Susanti tidak lupa mengucapkan rasa syukur dan memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran Pemko Pematang Siantar atas kerja sama selama ini hingga terwujudnya pengelolaan anggaran dan kinerja Pemko Pematang Siantar yang akuntabel dan transparan.


“Pencapaian Opini WTP yang diraih ini berkat semangat dan kerja sama pimpinan OPD dan seluruh ASN Pemko Pematang Siantar. Semoga Opini WTP yang diraih hari ini dapat lebih memotivasi kita untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, demi mewujudkan Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas menuju Pematang Siantar Bangkit dan Maju,” kata wali kota perempuan pertama di Kota Pematang Siantar itu.


Dokter spesialis anak itu juga mengingatkan agar Opini WTP tetap bisa diraih Pemko Pematang Siantar atas LKPD Tahu Anggaran 2023.


“Tentunya membutuhkan kerja lebih keras lagi untuk mempertahankan Opini WTP selanjutnya,” sebut alumni Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (FK UGM) Yogyakarta itu.


Ditambahkan dr Susanti, penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih serta tata Kelola keuangan yang transparan dan akuntabel, sudah menjadi komitmennya sejak awal memimpin Kota Pematang Siantar.(BG/PS)

TRENDINGMore