NASIONALNEWSOLAHRAGA

Lolos Final Sea Games, Timnas Indonesia VS Vietnam 3-2

Sabtu, 13 Mei 2023, 18:52 WIB
Last Updated 2023-05-13T11:52:03Z
Timnas Indonesia U-22 menang dramatis 3-2 lawan Vietnam pada laga semifinal SEA Games 2023 Stadion Nasional Olimpiade Phnom Penh, Kamboja.


PHNOM PENH-BERITAGAMBAR :

Timnas Indonesia U-22 menang dramatis 3-2 lawan Vietnam pada laga semifinal SEA Games 2023 Stadion Nasional Olimpiade Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (13/5) sore WIB.


Kemenangan ini memastikan Garuda Muda ke babak final untuk bertemu pemenang laga semifinal lainnya antara Thailand dan Myanmar yang baru akan bertanding Sabtu malam ini.


Indonesia harus bermain dengan 10 orang dalam 30 menit terakhir. Timnas Indonesia U-22 berhasil unggul cepat di menit ke-10 lewat Komang Teguh. Gol ini bermula dari lemparan ke dalam yang jadi spesialisasi Pratama Arhan.



Arhan berhasil melempar bola ke muka gawang Vietnam. Komang Teguh ada di posisi yang tepat untuk menyundul bola masuk ke dalam gawang. Kiper Quan Van Chuan pun hanya terpana melihat bola masuk ke dalam gawang.


Vietnam kemudian bisa menyamakan kedudukan di menit ke-35. Nguyen Van Tung bisa menyundul bola memanfaatkan umpan Nguyen Phu Duc.


Setelah imbang 1-1 di babak pertama, Indra Sjafri memutuskan menurunkan Muhammad Taufany dan Muhammad Ferarri untuk menggantikan Komang Teguh dan Ananda Raehan yang cedera.


Di babak kedua, duel Indonesia vs Vietnam terus berjalan terbuka. Vietnam mulai berupaya menguasai keadaan dan menekan lini pertahanan Indonesia.


Namun Indonesia berhasil mencetak gol di menit ke-53 dan unggul 2-1. Kembali berawal dari lemparan ke dalam Pratama Arhan, kiper Quan Van Chuan meninju bola ke luar kotak penalti.


Marselino Ferdinan ada di posisi tepat untuk menyambut bola liar. Marselino melepaskan tembakan ke arah gawang.


Bola tendangan Marselino membentur Ferarri dan hal itu turut mengecoh kiper Vietnam. Indonesia unggul 2-1 atas Vietnam.


Setelah dalam posisi unggul, Timnas Indonesia U-22 kemudian berbalik dalam posisi tertekan. Pratama Arhan terkena kartu kuning kedua pada menit ke-60 lantaran menjegal Nguyen Duc Phu.


Arhan pun harus keluar lapangan dan Timnas Indonesia U-22 harus bermain dengan 10 orang pemain di 30 menit terakhir pertandingan.


Merespons hal tersebut, Indra Sjafri kemudian memutuskan menarik keluar Witan Sulaeman. Indra Sjafri memainkan Rio Fahmi untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Pratama Arhan.


Setelah unggul jumlah pemain, Vietnam terus menekan pertahanan Indonesia. Puncaknya, Vietnam bisa menyamakan kedudukan di menit ke-78.


Gol penyama kedudukan Vietnam dihasilkan dari gol bunuh diri Bagas Kaffa. Bagas Kaffa tidak bisa menghalau bola dengan baik dan malah mengirimnya masuk ke gawang.


Di sisa waktu yang ada, Timnas Indonesia U-22 berupaya keras untuk menekan Vietnam. Tetapi Vietnam yang unggul jumlah pemain bisa leluasa untuk meredam serangan Indonesia.


Di tengah situasi sulit ini, Indonesia berhasil mencetak gol kemenangan lewat Muhammad Taufany. Taufany mendapat kesempatan melepaskan tembakan ke gawang.


Bola meluncur ke pojok kanan gawang dan tak bisa dibendung kiper lawan. Indonesia menang 3-2 lawan Vietnam.(BG/NET)

TRENDINGMore