NEWSSUMUT

Pemko Tebingtinggi dan BUMN Jalin MoU Kemitraan Pertumbuhan Ekonomi UMKM

Sabtu, 13 Mei 2023, 18:40 WIB
Last Updated 2023-05-13T11:40:24Z
Pj Wali Kota Tebingtinggi Muhammad Dimiyathi bersama Ketua Dekranasda Herliaminda Dimiyathi serta perwakilan pihak BUMN dari PTPN3 dan PTPN3.


TEBINGTINGGI-BERITAGAMBAR :

Dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan pembangunan berkelanjutan SDGs (Sustainable Development Goals), Pemerintah kota Tebing Tinggi menjalin kerjasama kemitraan dengan BUMN (Badan Usaha Milik Negara).



Pj Wali Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi melalui Kepala Dinas Kominfo Dedi Parulian Siagian dalam siaran persnya, Sabtu (13/5/2023), menyampaikan, jalinan kerjasama dalam bentuk MoU tersebut sebagai salah satu upaya membantu dalam pelatihan dan pendanaan pelaku UMKM untuk memajukan perekonomian di Kota Tebingtinggi.


“Saat ini kita bermitra, kita tunjukkan kemitraan ini dalam bentuk MoU (Memorandum of Understanding). Supaya pihak pimpinan dari BUMN ada keyakinan dari kemitraan kita dan ini sebagai legalitas hukumnya,” kata Pj Wali Kota.



Disampaikan juga oleh Pj Wali Kota, bahwa Kota Tebing Tinggi terpilih sebagai Kota Terbaik ke-2 dari 74 Kota yang terdaftar dalam program ‘Integrated Sustainability Indonesia Movement (I-SIM) For Cities Tahun 2022’ yang diberikan oleh PT Surveyor Indonesia, APEKSI dan Kementerian PPN/Bappenas Sekretariat Nasional SDGs, pada bulan Desember tahun 2022 lalu.


“Atas capaian tersebut, tekad dan kemauan yang besar merupakan kunci untuk memajukan dan mengembangkan perekonomian di Kota Tebing Tinggi khususnya sektor UMKM,” katanya.



Ketua Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Kota Tebingtinggi, Herliaminda Dimiyathi mengakui bahwa Kota Tebing Tinggi hanya memiliki sedikit potensi untuk perekonomian. Namun hal itu, tidak menyurutkan upaya untuk menggali potensi yang bisa dikembangkan.


“Kita tidak memiliki lautan, perikanan dan sangat sedikit potensi yang ada dan masih kurangnya pelatihan untuk mengembangkan potensi yang ada serta memajukan perekonomian khususnya di sektor UMKM, tetapi kita memiliki berbagai macam produk seperti kain songket, tenun kemudian eco print batik dan dari segi makanan yang begitu banyak bervariasi,” katanya.



Sebelumnya Kadis P3APM Kota Tebing Tinggi Sri Wahyuni, menyampaikan kegiatan yang dihadiri kepala OPD dan 30 pelaku UMKM itu menghadirkan perwakilan pihak BUMN, Aris Munandar dari PTPN 3 dan Rafinaldy Putra Lubis dari PTPN 4.(BG/TT)

TRENDINGMore