NEWSPERISTIWASUMUT

Tim SAR Gabungan Temukan Mobil Terseret Banjir Bandang Sembahe

Senin, 01 Mei 2023, 06:09 WIB
Last Updated 2023-04-30T23:09:47Z

 

Kondisi Mobil Avanza yang terseret Arus Banjir Bandang di di Sungai Sembahe Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deliserdang.

MEDAN-BERITAGAMBAR :

Tim SAR gabungan melakukan pencarian dan evakuasi mobil yang terseret arus deras saat terjadi banjir bandang di objek wisata Sembahe, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Minggu (30/4).


Mobil berwarna putih itu ditemukan di Dusun Lembahnaga, Desa Sembahe, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang. Petugas SAR gabungan dari SAR Medan, BPBD Deli Serdang dan masyarakat sekitar turun melakukan pengecekan terhadap bagian dalam mobil tersebut.


“Tim SAR Gabungan langsung menuju lokasi penemuan mobil yang terseret arus sungai. Kemudian tim langsung melakukan penyisiran dan memeriksa mobil namun tidak ditemukan korban jiwa,” sebut Kepala Kantor SAR Medan Budiono.


Sementara itu, Kepala BPBD Deli Serdang Amos F Karokaro mengatakan, mobil terseret arus sungai deras tersebut sejauh 2 kilometer dari lokasi parkir di kawasan Pemandian Alam Tambun di kawasan Sembahe.


“Jaraknya sekitar 2 Km dari titik awal. Sehingga saat banjir terjadi, mobil wisatawan itu tersapu. Saat ditemukan kondisinya ringsek parah dan belum bisa dievakuasi,” jelas Amos.


Amos mengungkapkan, dari pemantauan langsung di lapangan, belum ada laporan disampaikan oleh masyarakat terkait orang hilang pasca banjir bandang tersebut.


“Sejauh ini untuk laporan korban jiwa, nihil,” tutur Amos sembari mengatakan pihaknya hanya menerima laporan kerusakan pondok-pondok di objek wisata Sembahe ikut tersapu derasnya air sungai itu.


Amos juga mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati saat berada di lokasi objek wisata. Karena, saat ini cuaca ekstrem sedang melanda di sejumlah daerah di Sumut, termasuk di Kabupaten Deli Serdang.


“Kepada masyarakat kami mengimbau berwisata dengan bijak. Ikuti arahan petugas yang ada di lokasi. Karena saat ini kita tengah menghadapi cuaca ekstrem yang tidak menentu,” ucap mantan Camat Namorambe itu.


Sedangkan, pemilik mobil dan penumpang mobil ditemukan masih di lokasi objek wisata Pemandian Alam Tambun di kawasan Sembahe, dalam kondisi selamat dan sehat. Mereka merupakan warga Padang Bulan, Kota Medan.(BG/MED)

TRENDINGMore