NEWSSUMUTUMUM

Ayo Daftarkan, Pemprov Sumut Buka Mudik Gratis Lebaran 2024 ke 8 Daerah Tujuan

Kamis, 14 Maret 2024, 19:51 WIB
Last Updated 2024-03-14T12:51:06Z

 

Kadis Perhubungan Sumut, Agustinus Panjaitan.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Pemprov Sumatera Utara (Pemprov Sumut) melalui Dinas Perhubungan kembali meluncurkan program Mudik Gratis Lebaran di tahun 2024.



Dalam program mudik gratis tahun ini, disiapkan 65 unit bus untuk mengangkut sebanyak 2.500 pemudik ke 8 daerah tujuan di Sumut.


Nantinya pemudik yang sudah mendaftar, diberangkatkan dari Terminal Amplas Medan, pada 6 April 2024 dan dilepas resmi Pj Gubernur Sumut, Hassanudin.


“Kembali kita buka mudik gratis Lebaran tahun ini dengan total kuota untuk 2.500 orang,” ujar Kadis Perhubungan Sumut, Agustinus Panjaitan, Kamis (14/3/2024).



Adapun 8 daerah tujuan mudik gratis itu, sebut Agustinus adalah Panyabungan, Padangsidimpuan, Gunung Tua, Sibolga, Barus, Kota Pinang, Rantauparapat, dan Salak.



Selain gratis, Agustinus mengatakan peserta mudik gratis juga akan dibekali dengan konsumsi selama perjalanan dan souvenir berupa kaos.


“Program ini kita buka kembali sebagaimana juga arahan Pak Pj Gubernur Hassanudin untuk membantu masyarakat yang mudik Lebaran,” kata Agustinus.


Untuk menjadi peserta mudik gratis tersebut, jelas Agustinus, harus mendaftar terlebih dahulu, dibuka dimulai 13-31 Maret mulai pukul 09.00- 15.00 WIB baik secara online maupun offline.


Dikatakan, pendaftar online wajib mengambil tiket paling lama dua hari setelah registrasi online. Untuk pendaftar offline dapat mengambil tiket langsung di lokasi pendaftaran.



Lokasi pendaftaran dan pengambilan tiket tersebar di tujuh titik strategis, yakni Kantor Dishub Sumut, Terminal Amplas, Terminal Pinang Baris, Terminal Ikan Paus Binjai.


Kemudian Head Office PT Almasar Indonesia Jalan Sisingamangaraja Nomor 26, Toko Lagut Nst Jalan Letda Sujono Nomor 239 dan Pajus Karona 2 Jalan Letjend Jamin Ginting Nomor 340 Padang Bulan Medan.


Calon peserta dapat mendaftar melalui google form yang tertera dalam bentuk barcode di flyer yang disebarluaskan. Agustinus menegaskan, tidak ada persyaratan khusus untuk mengikuti program mudik gratis ini, kecuali peserta diharapkan membawa KTP untuk proses verifikasi.


“Kami berkomitmen memberikan layanan mudik yang nyaman dan aman bagi warga yang memanfaatkannya,” sambung Agustinus.


Ia mengatakan Mudik Gratis Lebaran itu bertujuan untuk mengurangi beban biaya transportasi masyarakat dalam menyambut Hari Raya Idulfitri 1445 H, termasuk untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, khususnya sepeda motor yang rentan kecelakaan, dan meningkatkan kelancaran arus lalu lintas selama masa mudik.(BG/REL)


TRENDINGMore