DAERAHNEWSSUMUT

Ratusan Kios di Pasar Tarutung Terbakar, Kerugian Diperkirakan Rp.500 Juta

Senin, 08 April 2024, 15:22 WIB
Last Updated 2024-04-08T08:22:06Z
 Pasar Tradisional Tarutung Taput Terbakar, Ratusan Kios Pedagang Kain, Sepatu dan Sembako Hangus.


TAPUT-BERITAGAMBAR :

Ratusan kios pedagang di Pasar Tradisional Tarutung, Kelurahan Huta Toruan VI, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara, hangus terbakar, Minggu (7/4/2024) malam sekitar pukul 21.00 WIB. 



Kobaran api sulit dikendalikan, sehingga selama berjam-jam api dengan leluasa menghanguskan balairung, ratusan kios dan lapak pedagang. Tidak ada korban jiwa dilaporkan, namun kerugian material diperkirakan Rp 500 juta lebih.


Di antara ratusan kios yang terbakar, termasuk kios pedagang penjual kain/tekstil, sepatu dan bahan-bahan pokok.



"Api sulit dikendalikan karena akses jalan/gang menuju lokasi kebakaran sempit. Armada pemadam kebakaran kesulitan mendekati lokasi kebakaran," kata Kapolres Taput, AKBP Ernis Sitinjak dalam keterangan tertulis, Senin (8/5/2024) pagi.


Dari keterangan Kapolres diketahui, titik sumber api pertama kali muncul dari kios yang berada di bagian tengah pasar yang diduga akibat korsleting listrik/arus pendek listrik.


Kebakaran menyebar dengan cepat serta menyambar ke kios-kios yang lainnya yang ada di bagian dalam lokasi pasar. Api dengan mudah menyebar karena kios di dalam pasar tersebut rata-rata bangunannya terbuat dari kayu, termasuk bangunan balairung.


Masih menurut keterangan Kapolres, saksi mata Midian Situmorang (63), warga yang beralamat di Pasar Onan Tarutung, pada saat pertama kali muncul api sedang berada di Lapo (Kedai) Tuak" milik Op Silomo Silaban.



Saksi menerangkan bahwa ada 2 orang wanita yang tidak dia dikenal melintas dari depan lapo tuak tersebut, yang berada di Pasar Onan Tarutung.



Kedua orang wanita dimaksud lalu memberitahukan kepada saksi, ada kebakaran di dalam pasar dan selanjutnya para saksi melihat api sudah membumbung tinggi dari arah Kios Bumbu Sitohang, Kios Bakmie Moses Purba dan salah satu kios yg tidak diketahui pemiliknya. Selanjutnya saksi menghubungi pihak pemadam kebakaran.


Proses pemadaman api dibantu oleh 5 unit mobil damkar (2 unit dari Tarutung, 1 unit dari Siborongborong, 1 unit dari Pangaribuan, 1 unit dari Sarulla). Kemudian 1 unit mobil PDAM Mual Natio, 1 unit mobil AWC Polres Tapanuli Utara, 2 unit alat berat buldozzer, personel Polres Tapanuli Utara dan TNI serta bersama-sama dengan masyarakat.(BG/TU)




TRENDINGMore