DAERAHNEWSSUMUT

Dinkes Deli Serdang Gelar Kegiatan Gebyar Sekolah Sehat

Jumat, 17 Mei 2024, 14:28 WIB
Last Updated 2024-05-17T07:28:44Z
Camat Beringin Dhani Mulyawan, pelajar dan guru berbaur ikuti Gebyar Sekolah Sehat Dinkes Deli Serdang di Lapangan Emplasmen Kualanamu.


DELISERDANG-BERITAGAMBAR:



Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Deli Serdang menggelar Program Gebyar Sekolah Sehat, yang salah satunya dilaksanakan di Lapangan Bola Emplasmen Kualanamu, Kecamatan Beringin, Jumat (17/5/2024).


Camat Beringin, Dhani Mulyawan berharap Gebyar Sekolah Sehat ini dapat terus dikembangkan. Ia menilai kegiatan ini besar bagi pelajar SLTA. Apalagi, dalam Gebyar Sekolah Sehat tak saja mengikuti senam bersama, tapi juga dibarengi edukasi tentang kesehatan dan pemeriksaan HB.


“Kita patut apresiasi Dinas Kesehatan Deli Serdang yang sudah meluncurkan kegiatan ini.Semoga ke depan kegiatan seperti ini terus dilakukan,” kata Dhani Mulyawan.


Kegiatan yang diawali senam bersama, diikuti antusias oleh seluruh peserta yang terdiri dari pelajar, guru, forkopimcam, staf di Dinkes Deli Serdang, staf Puskesmas Karang Anyar dan Puskesmas Aras Kanu.


Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga Dinkes Deli Serdang, Veronica Margareth Sihombing menjelaskan, kegiatan Gebyar Sekolah Sehat ini adalah program yang baru diinisiasi pihaknya.


“Kegiatan ini atas dorongan Kepala Dinas Kesehatan dr Asri Ludin Tambunan. Ini sebagai kegiatan terintegrasi yang mengedepankan segi aspek kesehatan melalui kegiatan olahraga dan aspek lingkungan melalui inspeksi kesehatan lingkungan sekolah oleh petugas kesehatan lingkungan Puskesmas dan Dinas Kesehatan,” papar Veronica.


Selain senam bersama, tambah Veronika, juga dilakukan pemeriksaan kesehatan gratis bagi muspika dan guru, cek HB dan pemberian tablet tambah darah bagi remaja putri.Serta pemeriksaan Indeks Masa Tubuh (IMT) bagi siswa.


Selain itu, seluruh peserta juga diberikan edukasi terkait olahraga dan hidup sehat dengan narasumber dari KONI Kabupaten Deli Serdang dan Dinkes Provinsi Sumut.


“Acara ini juga diisi dengan sosialisasi program kesehatan olahraga oleh KONI Deli Serdang Kapus Arus Kabu drg. Soli Natalia Tambunan dan Dinkes Provinsi Sumut,” tutur Veronika.


Lebih lanjut dijelaskan Veronica, Gebyar Sekolah Sehat digelar di 22 kecamatan yang ada di Deli Serdang dengan tujuan untuk membantu para siswa berprestasi maksimal.


“Ke depannya, juga akan dilanjutkan dengan lomba sekolah sehat.Acara hari ini kita melibatkan beberapa sekolah menengah atas atau sederajat yang ada di Beringin, masing-masing mengirimkan 25 orang,” ujarnya.


Kepala Puskesmas (Kapus) Karang Anyar,dr Elfira Yanti mengucapkan terimakasihnya kepada pihak sekolah dan pelajar yang telah menghadiri Gebyar Seolah Sehat tersebut.



“Kita berharap,setelah mengikuti acara ini para siswa-siswa lebih paham manfaatnya olahraga dan kesehatan,” tandas dr Elfira Yanti didampingi Kapus Aras Kabu, drg Soli Natalia Tambunan.(BG/DS)

TRENDINGMore