DAERAHNEWSSUMUT

Pemkab Samosir Panen Perdana Kentang Bersama Poktan Penerima Bantuan

Selasa, 11 Juni 2024, 13:58 WIB
Last Updated 2024-06-11T06:58:54Z

 

Pemkab Samosir Panen Perdana Kentang Bersama Poktan Penerima Bantuan.

SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian melaksanakan panen perdana Tanaman Kentang di lahan Kelompok Tani Purma, Desa Ronggur Nihuta Kec. Ronggur Nihuta, Rabu (5/6/2024).


Panen tersebut merupakan hasil pertanaman dari bantuan benih Kentang sumber dana APBD Kabupaten Samosir TA 2023 lalu. Kelompok Tani Purma mendapatkan bantuan benih sekitar 500 Kg pada bulan Desember 2023, dan melaksanakan pertamanan pada bulan Februari 2024 dilahan seluas 5 rante.


Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Samosir Dr. Tumiur Gultom, SP, MP beserta jajaran melaksanan pengubinan (penghitungan produktivitas) tanaman kentang Poktan Purma, dan dari hasil ubinan diperoleh provitas hasil panen kentang sekitar 17,5 Ton/Ha atau sekitar 700 Kg/rante.


Kelompok Tani Purma merasa puas dan bangga dengan hasil panen kentang yang diperoleh, dan berterimakasih kepada Pemkab Samosir yang telah memberikan bantuan benih kentang. Harapannya, semoga kedepan Kecamatan Ronggur Nihuta khususnya Desa Ronggur Nihuta menjadi salah satu daerah penghasil kentang di Kabupaten Samosir.


Pada hari yang sama, juga dilakukan panen bersama tanaman Kentang yang juga merupakan bantuan APBD Kabupaten Samosir Tahun 2023 di lahan Kelompok Tani Berkat Tani, Desa Hutagalung Kecamatan Harian.


Dari hasil perhitungan ubinan yang dilakukan oleh Staf Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Samosir bersama PPL Desa Hutagalung diperoleh provitas sekitar 30 Ton/Ha.

 

Kelompok Tani Berkat Tani juga puas dan bangga dengan hasil panen yang mereka dapatkan. Hasil panen ini direncanakan akan dibibitkan untuk dilakukan kembali pertanaman dan pengembangan pada lahan-lahan anggota Poktan Berkat Tani.(BG/TS)

TRENDINGMore