NASIONAL

Baru 2 Bulan Menjabat, Kapolri Copot Kapolres Kampar

Selasa, 19 November 2019, 07:47 WIB
Last Updated 2019-11-28T02:47:56Z
Markas besar Kepolisian Republik Indonesia. (Net)

BERITAGAMBAR.COM-JAKARTA
Kapolri Jenderal Idham Azis melalui Asisten Sumber Daya Manusia Irjen Eko Indra Heri mencopot Kapolres Kampar.

AKBP Asep Darmawan dicopot dan dimutasikan ke pelayanan Markas Mabes Polri untuk diperiksa. Dia digantikan oleh AKBP Mohammad Kholid.

Menurut Irjen Eko yang dihubungi terpisah, Asep dicopot untuk memudahkan pemeriksaan oleh propam Polri.

“Ini terkait perilakunya. Jadi masih dalam proses,” kata Eko.

Dia tidak menjelaskan perilaku yang dimaksud.

Namun informasi yang diterima, hal ini bermula saat apel Kasatwil yang digelar pekan lalu. Ceritanya yang bersangkutan kedapatan ngobrol saat Kapolri Idham Azis memberikan arahan.

Saat itu juga Kapolri memerintahkan supaya yang bersangkutan, “dicopot sebelum ayam berkokok".

Akibatnya hari ini keluar surat mutasi untuk memindahkan Asep lulusan AKPOL 1998, yang baru menjabat sebagai Kapolres Kampar pada 24 September 2019 lalu.

Sudah jatuh tertimpa tangga. Kapolres Kampar AKBP Asep Darmawan dicopot dan ‘diparkir’ di pelayanan markas Mabes Polri gara-gara ngobrol saat Kapolri Jenderal Idham Azis memberi arahan. Selain itu, Asep juga akan diperiksa Propam.

Asisten Sumber Daya Manusia Irjen Eko Indra Heri mengakui Asep dimutasi karena berperilaku tidak tepat saat Kapolri memberikan arahan dalam Apel Kasatwil pekan lalu. Asep pun sejatinya telah ditegur di depan umum oleh Idham.

“Ya betul (karena ngobrol). Nanti tindak lanjutnya (apa ada hukuman disiplin atau etik) menunggu keputusan hasil pemeriksaan dan sementara dimutasikan dulu ke Mabes,” kata Eko Indra Heri saat dihubungi Beritasatu.com, Senin (18/11/2019).

Asep selanjutnya digantikan oleh AKBP Mohammad Kholid.


TRENDINGMore