SAMOSIR

Warga Cinta Maju Unjuk Rasa ke Kantor Bupati dan DPRD Samosir

Senin, 02 Desember 2019, 16:58 WIB
Last Updated 2019-12-02T09:59:20Z
Ratusan warga Desa Cinta Maju Kecamatan Sitio-tio Kabupaten Samosir unjuk rasa.  

BERITAGAMBAR.COM-SAMOSIR
Ratusan warga Desa Cinta Maju Kecamatan Sitio-tio, Kabupaten Samosir Propinsi Sumatra Utara melakukan unjuk rasa ke kantor Bupati dan DPRD Samosir, Senin (2/12/2019).

Di kantor Bupati Samosir, masyarakat Desa Cinta Maju Sitio-tio, diterima Bupati Samosir Rapidin Simbolon, dan Kabag Tata Pemerintah Kabupaten Samosir, Agustianto Sitinjak.

Di hadapan Pemkab Samosir, Koordinator aksi, Osnar Tamba dalam orasinya, meminta Bupati Samosir, Rapidin Simbolo, dan DPRD Samosir melakukan peninjauan kembali proses pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Cinta Maju Kecamatan Sitio-tio.

Disebutkan Osnar, masyarakat Cinta Maju Tamba, keberatan atas diaktifkan kembali Kades GT, dimana berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap menjalani kurungan penjara.

Selain itu juga, Osnar Tamba mempertanyakan sikap Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) Cinta Maju, penolakan penggunaan hak suara atas nama Tiorina Sinaga (90) dan Naimfan Haro (101) yang masuk daftar Pemilih Tambahan (DPTb), karena memiliki KTP- Elektronik pada pelaksanaan Pilkades se-Samosir, 31 Oktober 2019 lalu," jelasnya.

Bupati Samosir, Rapidin Simbolon, didampingi Agustianto Sitinjak, membenarkan telah menandatangani proses pengaktifan kembali Kades Cinta Maju Sitio-tio Galugur Tamba. 

Pihaknya akan kembali mempelajari kembali proses perundang-undangan yang berlaku, karena tuntutan masyarakat sudah berjalan, ujarnya.

Mendengar jawaban Pemkab Samosir, masyarakat melanjutkan unjuk rasa ke Kantor DPRD Samosir. Sepanjang perjalanan menuju kantor DPRD menggunakan empat unit mobil dan sepeda motor menggunakan pengeras suara.

Di gedung DPRD Samosir, pengunjuk rasa melakukan orasi supaya penegakan hukum ditegakkan di Samosir khususnya di Desa Cinta Maju. Masyarakat diterima Kasubbag Kepegawaian DPRD Samosir Josro Tamba.

Kepada masyarakat, Josro Tamba akan menyampaikan tuntutan masyarakat kepada Pimpinan DPRD, untuk ditindaklanjuti. "Berhubung para Anggota DPRD Samosir baru dilantik, saat ini sedang mengikuti Bimbingan Teknis di Medan, jadi tuntutan masyarakat akan kami sampaikan kepada anggota DPRD untuk ditindaklanjuti," ujar Josro.(drh)

TRENDINGMore