NEWSSAMOSIR

Wabup Samosir Semangati Petugas KB Desa se-Palipi

Kamis, 17 September 2020, 19:31 WIB
Last Updated 2020-09-17T12:31:03Z

 


SAMOSIR-BERITAGAMBAR.COM

Wakil Bupati Samosir  Juang Sinaga memberikan arahan dan semangat kepada sukarelawan Petugas Pembantu Keluarga Berencana Desa (PPKBD) se-Kecamatan Palipi di Ruang Rapat Kantor Camat Palipi, Selasa (15/9)


Sinaga menyampaikan sebagai kader/ relawan PPKB, untuk bekerja dengan baik, tetap semangat dalam membangun kesadaran masyarakat dalam penerapan program Keluarga Berencana.


"PPKBD agar bekerja dengan tulus, memberikan pencerahan dan penjelasan kepada masyarakat tentang pentingnya program Keluarga Berencana" kata Juang.


Menurut Wabup, suksesnya program keluarga berencana akan menjadi suatu keberhasilan bagi PPKBD. Dan perbuatan tersebut tentunya akan bermanfaat dalam menjaga kelangsungan dan keberhasilan anak khususnya di Kabupaten Samosir. Dengan menjaga jarak kelahiran, maka orangtua dapat merencanakan pendidikan dan masa depan anak, karena keberhasilan dan kesejahteraan anak tidak terlepas dari jumlah anak dan jarak kelahiran.


Dalam mewujudkan/ membangun IMP (institusi masyarakat perdesaan) dibidang keluarga berencana, Pemkab Samosir melalui Dinas Dinas Pengendalian Penduduk dan KB  membentuk kader/relawan pembantu pembina keluarga berencana desa (PPKBD).  PPKBD ini nantinya akan mengelola program kependudukan dan kb dalam upaya membangun keluarga sejahtera ditingkat desa. 


IMP Merupakan sebuah wadah pengelolaan dan pelaksanaan kegiatan program kependudukan dan keluarga berencana dalam upaya membangun keluarga sejahtera ditingkat desa/ kelurahan kebawah. Wadah ini secara nasional disebut PPKBD, Sub PPKB. 


6 peran IMP yang akan dilaksanakan PPKBD dilapangan yaitu, pengorganisasian, pertemuan, KIE dab Konseling, Pencatatan pendataan dan pemetaan sasaran, pelayanan kegiatan dan kemandirian.(BG/TS1)


TRENDINGMore