NEWSSAMOSIR

Cegah Covid-19, Edukasi Komunitas Diperlukan

Jumat, 09 Oktober 2020, 11:55 WIB
Last Updated 2020-10-09T04:59:47Z

 

Peta persebaran Covid-19 di Samosir. 

SAMOSIR-BERITAGAMBAR.COM

Edukasi komunitas memainkan peranan penting dalam upaya pencegahan, pengendalian, dan penanganan Covid-19.

Oleh karena itu, GTPP Covid-19 Samosir mengimbau kita semua yang telah memiliki pemahaman yang baik terkait Covid-19 dan Protokol Kesehatan agar setiap waktu mengupayakan edukasi sederhana bagi orang-orang yang kita temui dimana dan kapan pun sekedar mengingatkan saat ini kita sedang berjuang melawan Covid-19 secara masif.

Demikian disampaikan Jubir GTPP Covid-19, Rohani Bakkara, Jumat (9/10) di Pangururan.


"Edukasi komunitas saat ini adalah mengkampanyekan pentingya protokol kesehatan untuk mencegah penularan bagi orang-orang yang belum terpapar," ujar Boru Bakkara yang juga Kadis Kominfo itu.

Di samping itu, perlu juga menginformasikan bagi para lansia dan penderita penyakit penyerta perlu memproteksi diri dengan menghindarkan kerumunan-kerumunan jika tidak perlu karena alasan potensi penularan. 


Pada dasarnya, kita memiliki tanggung jawab sosial untuk mengedukasi komunitas terkait Covid-19 dan Protokol Kesehatan. Oleh karena itu, GTPP Covid-19 Samosir mengajak kita semua untuk memulainya pada keluarga per keluarga. 

Jadi, pendekatan dari satuan sosial terkecil akan membesar ke satuan sosial terbesar jika kita sungguh-sungguh melakukannya secara konsisten.


Semangat kolaborasi antar para pihak juga diharapkan akan memberhasilkan edukasi komunitas seperti lembaga pendidikan, pertemuan sosial/adat, dan kegiatan-kegiatan legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Dalam seluruh interaksinya dengan masyarakat, pada awal dan akhir pertemuannya tetap mengedepankan keselamatan masyarakat dan pencerahan penting terkait Covid-19 dan Protokol Kesehatan.


Edukasi komunitas secara proses secara praktis harus dilakukan secara terus menerus untuk memastikan tingkat pemahaman standar terkait Covid-19 dan protokol kesehatan. Jadi, kita semua pada posisi mengedukasi komunitas kita masing-masing baik secara lisan maupun tulisan pada berbagai kesempatan. 


Kita harus ingat bahwa kita sedang berjuang untuk meningkatkan ketahanan kesehatan dan ekonomi masyarakat secara umum. 

Oleh karena itu, GTPP Covid-19 Samosir mengajak kita semua untuk menunaikan tanggung jawab sosial kita untuk mengedukasi komunitas kita masing-masing dengan tujuan angka infeksi harian dapat menurun karena kita memang benar-benar berupaya mencegah, mengendalikan, dan menangani Covid-19 secara bersama-sama. 

Dari data GTPP Covid-19 Kabupaten Samosir, dihimpun Suspek : Nihil, Konfirmasi 1 orang , Sembuh 1 orang  dan Meninggal Dunia  1orang. (BG/TS1)


TRENDINGMore