NEWSSAMOSIR

Cuaca Ekstrem Landa Samosir, Atap Rumah Beterbangan

Rabu, 31 Maret 2021, 09:06 WIB
Last Updated 2021-03-31T02:12:41Z

 

Kolase rumah warga yang rusak akibat dihantam angin kencang. 

SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Angin kencang atau cuaca ekstrem terjadi di Kabupaten Samosir, pada Selasa malam-Rabu (30-31/3).


Dalam peristiwa tersebut, puluhan rumah warga mengalami rusak akibat hantaman angin. Puluhan rumah tersebut rusak parah. Peristiwa angin kencang ini jugam sempat mengganggu pelayaran kapal penumpang di Danau Toba, kabel listrik milik PLN terputus dan listrik padam di berbagai daerah Samosir.


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Samosir Mahler Tamba, Rabu (31/3) membenarkan kejadian angin kencang di Samosir, telah merusak rumah warga dan terputusnya saluran arus listrik dan Air di Samosir akibat kabel PLN terputus ditimpah pohon tumbang.



Pihaknya mengimbau warga Samosir untuk waspada dan jeli mengawasi perubahan lingkungan, dan menghindari timbulnya korban jiwa dan materil.


Peristiwa angin kencang juga telah membuat warga yang hendak menyeberang menggunakan kapal kayu menjadi takut karena derasnya hantaman gelombang ombak di Danau Toba.


Ratama Sitohang yang tinggal di tepi pantai Danau Toba Lumban Suhi Toruan, mengaku takut dan was-was akibat angin kencang. Ombak Danau Toba juga begitu besar menghantam bagian belakang rumahnya.

Nita, seorang penjual Nasi di Pangururan juga mengalami hal yang sama.

Atap rumah tinggal dan tempat usaha kami lepas terbuka ditiup angin,* bang. Kejadian itu sangat mengerikan, syukur kami dalam keadaan sehat hanya trauma ujarnya.(BG/TS)


TRENDINGMore