DPRDNEWSSAMOSIR

DPRD Rakor ke Disbudpar Sumut

Senin, 24 Mei 2021, 22:07 WIB
Last Updated 2021-07-07T00:27:31Z

DPRD Samosir melakukan rapat koordinasi dan konsultasi ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut.


SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Ketua DPRD Samosir Saut Martua Tamba ST bersama Komisi III koordinasi dan konsultasi ke Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, Senin (24/5).


Rombongan legislatif Samosir ini disambut Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumut dr Ria Nofida Telaumbanua M.Kes melalui Kabid Sejarah Dan Kepurbakalaan Rumerahwaty Berutu.


Ketua DPRD Samosir Saut Martua Tamba,  mengatakan rapat koordinasi dan konsultasi (Rakor) ini dalam rangka pengembangan pariwisata Danau Toba khususnya di Kabupaten Samosir sebagai destinasi pariwisata berkualitas dan berkelanjutan, berbasis kebudayaan.


Mengingat,  Samosir memiliki kendala-kendala terkait dalam bidang kebudayaan, sehingga diharapkan ada arahan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara serta dukungan pengembangan budaya di Samosir.


“Dalam pelestarian budaya di Kabupaten Samosir, diperlukan dukungan Dana Alokasi Khusus dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Sehingga diharapkan melalui konsultasi ini, ada perhatian Dinas Kebudayaan dan Pariwisata,” ujar Saut.


Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut, melalui Kabid Sejarah Dan Kepurbakalaan Rumerahwaty Berutu menyambut baik kedatangan DPRD Kabupaten Samosir tersebut.


Dikatakan, ditengah pesatnya pembangunan pariwisata Danau Toba khususnya Samosir, pada dasarnya upaya melestarikan budaya merupakan kewajiban dan keharusan.


Dimana masyarakat di sekitar destinasi wisata nantinya bisa meningkatkan pemanfaatan budaya dan lingkungannya yang bertumpu pada keunikan dan kelokalan dari akar budaya kehidupan keseharian sebagai daya tarik wisata secara berkelanjutan.


Untuk itu, Pemprop Sumut melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata berkomitmen untuk berusaha mendukung upaya pelestarian budaya yang ada di Kabupaten Samosir.(BG/TS)

TRENDINGMore