NEWSOPINISAMOSIR

100 Hari Jabat Bupati Samosir, Banyak yang Sudah Dilakukan

Selasa, 03 Agustus 2021, 11:42 WIB
Last Updated 2021-08-06T02:17:58Z

 

Kolase: Bupati dan Wakil Bupati Samosir Vandiko T Gultom-Martua Sitanggang.


Vandiko T Gultom telah genap 100 hari menjabat sebagai Bupati Samosir sejak dilantik oleh Gubernur Sumut. Vandiko mengakui masih banyak yang perlu dilakukan. Sejak awal, Vandiko bersama Wakil Bupati, Martua Sitanggang, tidak ada spesifik khusus untuk target 100 hari kerja.


Hal itu karena program yang dibuat untuk 1 periode, bukan pertiga bulan. Meski demikian, dari 3 bulan atau 100 hari kepemimpinannya, progres program dari 1 periode ini dapat dilihat dan dirasakan manfaatnya. Ditambah lagi dengan program prioritas utamanya.


Vandiko mengakui sudah melakukan berbagai prestasi dan pencapaian dengan membuktikan visi dan misinya.


 1. Pemerintah Samosir saat ini sudah melakukan berbagai hal salah satunya membuka jalan di beberapa desa dan sedang dilakukan sirtunisasi (seluruh jalan desa akan layak dilalui kendaraan).


 2. Tahun 2021 ada tambahan 300 unit rumah swadaya bantuan dari Kementerian RI yang tersebar di beberapa desa di Kabupaten Samosir dan segera direkonstruksi.


 3. Pembentukan lembaga adat dan memfasilitasi tarombo (silsilah) Orang Batak dan memfasilitasi pembangunan rumah puak Batak di Gunung Pusuk Buhit.


 4. Untuk sektor ekonomi, beberapa produk UMKM sudah tersaji dengan baik dan siap dipasarkan secara online seperti, bawang merah jadi bumbu, kacang jadi kacang goreng, mangga jadi minuman wine, jahe menjadi bubuk, kopi menjadi bubuk, kemiri jadi minyak dan semuanya sudah dikemas dan siap dipasarkan di pasar nasional dan internasional.


 5. Untuk pertanian, kami sudah mendistribusikan bantuan pupuk gratis dan juga pemberian bibit unggul untuk para kelompok tani," tambahnya.


 6. Pemberian beasiswa gratis diberikan mulai Selasa 03 Agustus dan akan terus diberikan kepada para siswa terlebih siswa yang berprestasi.


 7. Setiap masyarakat Samosir yang terdampak Covid-19, mendapat perhatian dari pemerintah. Serta, bagi petugas penyekatan, pemerintah mengakui akan terus memberikan dukungan dalam menjalankan tugasnya.


"Yang pasti kami dari pemerintah terus bersinergi baik berkomunikasi dengan pemerintah pusat, provinsi untuk melaksakan berbagai program di Kabupaten Samosir secara khusus program seratus hari ini. Dan, baru baru ini saya memerintahkan supaya judi ditutup di Samosir dan mendorong semua pihak supaya Samosir harus bebas narkoba," kata Vandiko. 


(GB/Net)

TRENDINGMore