NEWSPERISTIWASUMUT

Longsor Sibolangit, 3 Orang Dikabarkan Meninggal Dunia Ditimpa Batu

Sabtu, 23 Oktober 2021, 22:00 WIB
Last Updated 2021-10-23T15:23:23Z
TNI-Polri dibantu Masyarakat berusaha melakukan evakuasi kepada korban tertimpa material longsor di Sibolangit.


SIBOLANGIT- CERITA GAMBAR :

Bongkahan batu besar menimpa satu unit mobil di Jalan  Jamin Ginting, KM 39 tepatnya di Desa Sibolangit, Dliserdang, Sabtu (23/10) malam.


Dalam peristiwa tersebut tiga korban yang dijatuhi material longsor dipastikan meninggal dunia.



Amatan Media, mobil yang diperkirakan jenis Toyota Avanza Plat B 2236 KFB dalam kondisi remuk.


Mobil ini berisi lima penumpang, termasuk pengemudi. Sementara, pengemudi masih dalam keadaan hidup meski terjepit.


Mobil berwarna putih yang tertimpa material longsor di tikungan PDAM Tirtanadi, Sibolangit, Dua penumpang telah berhasil dievakuasi dan dilarikan ke rumah sakit terdekat.


Namun nahas, satu diantara dua yang dievakuasi dinyatakan meninggal dunia. Adapun dua yang belum berhasil dievakuasi telah meninggal dunia di tempat.



Evakusi selanjutnya yang dilakukan Babinsa TNI/Polri dibantu warga fokus meyelamatkan korban yang masih bernyawa, namun dalam kondisi sekarat.


Sementara itu, tampak masih ada korban yang telah meninggal dunia dalam keadaan terjepit.


Titik longsor mengakibatkan dua jalur Lalin dua arah lumpuh total.


Lokasi tersebut hanya berkisar 50 meter dari tikungan PDAM Tirtanadi Sibolangit.


Kepala BPBD Deli Serdang Zainal Abidin Hutagalung ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa benar terjadi longsor di kawasan Tirtanadi.


Lebih lanjut dikatakan Zainal hingga kini pihak BPBD Deli Serdang bersama dengan Polri-TNI dan masyarakat sekitar tengah berupaya untuk mengurai material longsor.


Saat disinggung beredar informasi adanya mobil yang tertimpa longsor, pihaknya masih memastikan kabar tersebut.


Kita masih berupaya mengurai material longsor, untuk korban jiwa apakah ada atau tidak, belum dapat dipastikan," imbuhnya.


Namun, Zainal memastikan dampak longsor ini, jalur utama Medan-Berastagi untuk sementara tidak dapat dilalui.


"Jalur terputus karena longsor,"ujarnya. 


Direktur Dit Lantas Polda Sumut Kombes Pol Valentino Tatareda, Sabtu (23/10) malam mengatakan, peristiwa terjadi sekira pukul 19:00 tidak jauh dari restoran Cindelaras, atau sekira 100 meter setelah tikungan IPAM PDAM Tirtanadi.


Ia mengatakan, alat berat sudah dikerahkan ke lokasi, sementara korban yang sudah berhasil dievakuasi hingga malam pukul 21.30 empat orang, di antaranya 1 orang meninggal dunia.


Namun masih ada korban lainnya yang terjebak di dalam kendaraan, dan sedang diupayakan dievakuasi,” sebut Valentino mengatakan potensi longsoran masih ada.


Sementara, informasi dari petugas IPAM PDAM Sibolangit menjelaskan, satu korban meninggal dunia dan satu lainnya mengalami patah kaki sudah dievakuasi ke Puskesmas Sibolangit.


Namun menurutnya, proses evakuasi dihentikan menunggu longsoran berhenti.


Yang tertimpa longsoran batu satu unit mobil berisi 4 orang, tapi 2 orang belum bisa dievakuasi karena pada saat evakuasi terjadi longsor susulan mengakibatkan 1 orang warga yang ikut menolong tertimpa longsoran,” kata dia menjelaskan.(BG/TNC)


TRENDINGMore