NEWSPERISTIWASAMOSIRSUMUT

Biaya Hotel Bupati Samosir Lebih Hemat Ketimbang Tinggal di Rudin

Jumat, 19 November 2021, 16:40 WIB
Last Updated 2021-11-19T09:40:47Z

 

Suasana Hotel Vantas yang dijadikan sebagai rumah dinas Bupati Samosir, berbiaya RP40 juta/tahun 

SAMOSIR-BERITAGAMBAR:

Biaya sewa rumah dinas Bupati Samosir Vandiko T Gultom, di Hotel Vantas milik Ayahnya Ober Gultom, lebih murah jika dibandingkan tinggal di rumah dinasnya di Jalan Danau Toba, Pangururan.


Hal itu disampaikan Kepala Bagian (Kabag) Umun Sekdakab Samosir, Rikky Sirumapea, kepada Waspada, Jumat (19/11).

Denah ruangan Hotel Vantas yang disewa Pemkab Samosir sebagai Rumah Dinas Bupati Samosir.


Dijelaskan Rikky, biaya sewa Hotel Vantas RP40 juta/bulan sampai April 2022 mendatang, meliputi  ruang utama Bupati, ruang tamu, ruang sekretaris pribadi, ruang ajudan dan ruang rapat dilantai II.


Dan biaya listrik, air dan petugas rumah dinas menjadi tanggung jawab pihak Hotel, jauh lebih hemat ketimbang tinggal di rumah dinasnya,"ujar Rumapea.


Sejak masa jabatannya sebagai Kepala Bagian Umum, pihaknya menggelontorkan anggaran pemeliharaan rumah dinas Rp 300-500 juta per tahun, ditambah biaya listrik, biaya air, biaya petugas rumah tangga Bupati sejumlah 10 orang dengan honor Rp1.500.000/bulan.


Sebelumnya diberitakan, masyarakat Samosir saat ini sedang bergelut dengan tekanan ekonomi akibat Pandemi Covid-19 yang menerpa dunia.


Berbagai program diluncurkan pemerintah Republik Indonesia untuk meringankan beban masyarakatnya di seluruh Nusantara. Seluruh pemangku kebijakan fokus menyikapi kondisi yang melanda masyarakat.


Tapi sangat miris, di Kabupaten Samosir orang nomor satu di pemerintahan yakni Bupati Samosir Vandiko T Gultom, kurang memperhatikan kondisi sosial ekonomi masyarakat yang dipimpinnya.


Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom yang mengusung jargon "Pro Perubahan", sampai sekarang masih tinggal di hotel, padahal ada Rumah Dinas Bupati yang ditempati setiap kepala daerah terpilih sejak dulu.


Sejak dilantik 21 April 2021 lalu, sang Bupati belum menempati Rumah Dinas di Jalan Danau Toba Pangururan, tapi justru menempati hotel orangtuanya di Sialanguan Parbaba.


Bupati Samosir Vandiko T Gultom, menyebutkan, lebih nyaman tinggal di Hotel Vantas, menunggu rehabilitasi rumah dinas Bupati yang dipinjam dari Pemerintah Propinsi Sumatera Utara itu, selesai.(BG/TS)





TRENDINGMore