NEWSPERISTIWASUMUT

Deliserdang Juara I Pengelola Perpustakaan dan Arsip Tingkat Propsu

Selasa, 14 Desember 2021, 15:31 WIB
Last Updated 2021-12-14T08:31:08Z
Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Propsu Harlen Purba, menyerahkan penghargaan Juara Terbaik I Pengelola Perpustakaan dan Arsip Tingkat Propsu Tahun 2021 kepada Bupati Deliserdang H.Ashari Tambunan.



LUBUKPAKAM-BERITAGAMBAR :

Kabupaten Deliserdang meraih Juara I Pengelola Perpustakaan dan Arsip Tingkat Propinsi Sumatera Utara Tahun 2021. 


Hal itu terungkap pada acara Pengumuman dan Pemberian Penghargaan bidang Perpustakaan dan Arsip serta Pemusnahaan Arsip di lingkungan Pemkab Deliserdang di Balairung Pemkab Deliserdang, Selasa (14/12).


Hadir dalam kegiatan itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Propinsi Sumatera Utara Ir.Harlen Purba,MM, Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan, Kadis Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Deliserdang Drs H Misran Sihaloho,MSi, Staf Ahli Bupati Drs H Hasbi Nasution, Kepala OPD dan beberapCamat.


Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan diawal sambutannya mengucapkan selamat kepada OPD dan Kecamatan Pengelola Kearsipan Terbaik dan terimakasih atas perannya dalam memajukan arsip di Kabupaten Deliserdang kiranya penghargaan ini bisa menambah semangat untuk terus bekerja keras dan memotivasi OPD dan Kecamatan lain agar dapat terus menata kearsipannya.


Bupati mengatakan arsip memiliki peran yang sangat strategis dalam mensukseskan penyelenggaraan pemerintahan. Pengelolaan arsip penting dilakukan sesuai dengan kaidah dan Peraturan Perundang-Undangan Kearsipan. Hal ini mutlak diperlukan agar dapat memberi kemanfaatan dan dukungan nyata bagi pelaksanaan reformasi birokrasi khususnya dalam pemanfaatan pertanggungjawaban kinerja pelayanan publik serta penyediaan alat bukti bagi kepentingan lainnya.


Bukti pengelolaan arsip sudah berjalan dengan baik ketika adanya penataan central file, record center serta penyerahan arsip statis lembaga Kearsipan yang di arsipkan di depo arsip dan melakukan pemusnahan untuk arsip yang sudah tidak memiliki nilai guna bagi kepentingan organisasi dan telah melampaui jangka waktu penyimpanan.


"Hari ini kita akan melakukan pemusnahan berkas yang berasal dari 7 OPD. Pemusnahan ini tentu sudah melalui tahapan dan proses oleh lembaga Kearsipan Daerah hingga dapat dimusnahkan"kata Bupati.


Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Deliserdang dalam rangka membudayakan kegemaran membaca telah menyelenggarakan lomba Bertutur Tingkat SD/MI Tahun 2021 yang implikasinya membawa siswa Terbaik Kabupaten Deliserdang menjadi Perwakilan Propinsi Sumatera Utara di Lomba Bertutur Tingkat Nasional atas nama Henry Baja Junior.


Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Deliserdang telah membawa Deliserdang menjadi Juara I Lomba Perpustakaan Umum Desa/Kelurahan Tingkat Propinsi Sumatera Utara Tahun 2021 dan menjadi Perwakilan di Tingkat Nasional. Sungguh ini merupakan kebanggan tersendiri dan diharapkan ini menjadi motivasi bagi semua untuk terus memberikan pengabdian terbaik bagi bangsa dan negara khususnya bagi Kabupaten Deliserdang. Menurut Bupati, penghargaan yang diraih ini bukanlah tujuan akhir namun justru menjadi tanggungjawab besar untuk memberikan jaminan ketersediaan arsip yang otentik, terintegritas dan terpercaya.


Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Propinsi Sumatera Utara Ir Harlen Purba,MM, dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada jajaran Pemkab Deliserdang dibawah pimpinan Bupati H Ashari Tambunan yang telah banyak menerima penghargaan termasuk Perpustakaan dan Arsip. Ia berharap penghargaan ini dapat ditiru oleh Kabupaten/Kota lainnya.


Dijelaskannya, disadari bahwa 2 tahun terakhir situasinya dilema terutama di Perpustakaan dimana karena pandemi Covid-19 maka intensitas dan kuantitas kunjungan ke Perpustkaan serta jam layanan dibatasi. Namun demikian Kabupaten Deliserdang tetap berhasil meraih berbagai Penghargaan Perpustakaan dan sebagai apresiasi Perpustakaan Nasional maka dibangun Perpustakaan di Kabupaten Deliserdang yang akan diresmikan dalam waktu yang tidak lama lagi.


Ditambahkannya, bukan hanya dalam bidang perpustakaan, dalam bidang kearsipan ia melihat memang Kabupaten Deliserdang selangkah di depan kemajuannya dari Kabupaten/Kota lainnya. Hal ini karena kerjasama dan konsistensi dari semua pihak terutama juga tingkat Kecamatan sangat baik. Menurutnya, kerjasama yang baik antara lembaga kearsipan daerah memang mudah mengatakannya tetapi didalam prakteknya arsip ini masih belum di apresiasi sebagaimana mestinya di berbagai daerah.


"Kalau di Deliserdang sudah cukup baik artinya tingkat kesadaran administratif dan kearsipan diseluruh lapisan masyarakat maupun jajaran Pemkab Deliserdang telah cukup baik"tegasnya.


Sebagai lembaga pembina kearsipan di Pempropsu dan Pemerintah Kabupaten/Kota se Sumatera Utara ia berharap kemajuan yang dicapai kearsipan Deliserdang tidak berhenti sampai disini namun harus tetap ditingkatkan dengan menciptakan inovasi baru sehingga Kabupaten Deliserdang Kearsipan maupun Perpustakaannya akan menjadi yang Terbaik di Propsu bahkan seluruh Indonesia.


Sebelumnya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Deliserdang Drs H Misran Sihaloho,MSi, dalam laporannya menjelaskan tujuan kegiatan adalah Bidang Perpustakaan memberikan apresiasi dan motivasi pembudayaan kegemaran membaca melalui jalur sekolah tingkat SD. Memberikan apresiasi dan motivasi terhadap upaya yang sudah dilakukan dalam rangka pengembangan dan pengelolaan perpustakaan Desa. Bidang Arsip memberikan apresiasi dan motivasi terhadap pengelola arsip di OPD dan Kecamatan yang sudah mengelola arsip dengan baik sesuai aturan yang berlaku. Mengurangi jumlah arsip sehingga tercipta efisiensi dan efektifitas dalam penyelenggaraan kearsipan.


Dalam kegiatan itu juga diberikan piagam penghargaan kepada 10 Pengelola Arsip Terbaik Kategori Dinas/Badan, 5 pengelola Arsip Terbaik kategori Kecamatan, 3 pengelola perpustakaan Terbaik kategori Perpustakaan Desa dan 6 peserta Terbaik Lomba Bertutur Tingkat SD/MI.


Adapun 10 OPD kategori Dinas/Badan yang menerima penghargaan Pengelola Kearsipan Terbaik Tingkat Kabupaten Deliserdang Tahun 2021 masing-masing Dinas PU-PR, Dinas Perkim, Bappeda, Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Ketenagakerjaan, Disdukcapil, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PMD, Dinas PMPPTSP, dan Inspektorat. 


Sedangkan kategori Kecamatan masing-masing Kecamatan Sibolangit, Kutalimbaru, STM Hulu, Labuhan Deli dan Kecamatan Sunggal. Pengelola Perpustakaan Desa/Kelurahan Terbaik masing-masing Perpustakaan Lingkaran Desa Denai Lama Kecamatan Pantai Labu, Perpustakaan Sipede Bakaran Batu Kecamatan Lubukpakam dan Perpusdes Rantau Panjang Kecamatan Pantai Labu. Lomba Bertutur Tingkat SD/MI masing-masing Henry Baja Junior, Aliya Nainawa, Aurelia Azzahara, Adinda Putri Syfani, Ivo Diranita dan Yuandika Putra. 


Pada kegiatan itu juga dimusnahkan 11.490 berkas dengan cara dicacah yang berasal dari 7 OPD dengan rincian Dinas PU-PR urusan Kepegawaian kurun waktu 2002-2013 sebanyak 530 berkas, Dinas Perkim urusan Kepegawaian kurun waktu 2013-2017 sebanyak 870 berkas, Bappeda urusan Kepegawaian kurun waktu 2008-2011 sebanyak 194 berkas, urusan Keuangan kurun waktu 2009-2012 sebanyak 933 berkas, Dinas Perikanan urusan Keuangan kurun waktu 2004-2012 sebanyak 580 berkas, urusan Perikanan dan Kelautan kurun waktu 2004-2014 sebanyak 1.517 berkas, Dinas Ketenagakerjaan kurun waktu 2017-2018 sebanyak 5058 berkas, Dinas Lingkungan Hidup urusan Lingkungan Hidup kurun waktu 2012-2018 sebanyak 204 berkas dan Dinas Perpustakaan dan Arsip urusan Kepegawaian kurun waktu 1981-2001 sebanyak 1544 berkas. (BG/JP)


 



TRENDINGMore