NEWSPERISTIWASUMUTTAPANULI

Menteri BUMN Erick Thohir Tanam Pohon di DTA Danau Toba

Minggu, 09 Januari 2022, 10:15 WIB
Last Updated 2022-01-09T03:17:43Z

 

Menteri BUMN Erick Thorir melakukan penanam pohon di area konservasi Daerah Tangkapan Air (DTA) Danau Toba Desa Sionggang Tengah, Lumban Julu, Kabupaten Toba. 


TOBA-BERITAGAMBAR : 

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir melakukan penanaman pohon di area konservasi Daerah Tangkapan Air (DTA) Danau Toba tepatnya di Desa Sionggang Tengah, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba, Sabtu (8/1) sore. 


Kegiatan penanaman pohon ini merupakan Sinergi BUMN Program Penghijauan di Daerah Tangkapan Air Danau Toba. 



Secara simbolik Erick Thohir didampingi Direktur Pengembangan Usaha PT Inalum, Direktur Utama Holding BUMN, Direktur PT INHUTANI IV, Direktur Perum Jasa Tirta I, dan Bupati Toba melakukan penanaman pohon jenis Macadamia. 


Menteri BUMN, Erick Thohir awalnya mengaku pesimis dengan pemilihan tanaman Macademia sebagai salah satu tanaman reboisasi KDTA. Namun  setelah mempelajari dan mengetahui bahwa Macademia dapat tumbuh dan berbuah baik di DTA Danau Toba, Erick Thohir optimis hasilnya akan berdampak bagi peningkatan ekonomi bagi masyarakat sekitar sebab Macademia merupakan kacangan yang memiliki pasar dan harga bagus. 


"Saat diundang ke sini, saya sempat pesimis. Ternyata luar biasa anugrah Tuhan bagi Indonesia, Macademia bisa tumbuh di sini. Saya sangat mengapresiasi pimpinan BUMN yang telah berinovasi untuk penanaman ini," puji Erick Thorir. 


Dikatakannya, saat ini CSR terbesar BUMN salah satunya lingkungan hidup. Pihaknya pun telah memprogramkan akan menanam 1,1 juta pohon. Dari jumlah itu, Kabupaten Toba akan kebagian jatah 460.000 pohon. Selain Macademia, pihaknya juga menanam pohon berbuah jenis Alpukat, Durian, Petai dan Jengkol. 


"Komitmen kami bagaimana kita bergotong royong antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN dan masyarakat. Ini adalah simbol bahwa kita adalah negara yang patut diperhitungkan. Mari kita rawat alam agar alam bersahabat dengan kita," pungkasnya. 


Di akhir kunjungannya, aerick juga menyempatkan diri menyapa warga Sionggang Selatan yang datang ke lokasi khusus melihat langsung Menteri BUMN yang merupakan Menteri pertama yang kali datang berkunjung ke desa kecil tersebut. 


Selain acara penanaman Pohon, juga turut dilakukan pembagian bibit Macademia kepada warga dan pasar murah untuk minyak makan produksi PTPN IV dengan harga 12.600 per kemasan isi 900 ml. (BG/SG) 



TRENDINGMore