NEWSSAMOSIRSUMUT

Musrenbang Kecamatan Nainggolan, Usulkan 152 Permohonan Pembangunan Tahun 2023

Rabu, 16 Februari 2022, 16:48 WIB
Last Updated 2022-02-17T06:49:14Z

 

Sekdakab Samosir Jabiat Sagala, membuka Musrenbang RKPD 2023 Kecamatan Nainggolan.


SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) RKPD tingkat Kecamatan Nainggolan, Rabu (16/2) di Sipinggan Beach.



Dalam laporannya Camat Nainggolan Tino Luhut Uli Nainggolan,  menyampaikan bahwa semua usulan dan komitmen bersama merupakan hasil musrenbang desa yang telah sesuai dengan kebutuhan sebagaimana dituangkan dalam RPJMDes dan telah disusun berdasarkan skala prioritas dengan hasil 132 usulan dari 13 Desa dan 20 usulan dari 2 Kelurahan yang dominan pada pembangunan infrastruktur, peningkatan ekonomi pada sektor Pertanian dan Pariwisata di mana segala usulan yang disampaikan telah disandingkan dengan Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Samosir Tahun 2021-2026.


Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir  Jabiat Sagala, menyampaikan bahwa Musrenbang Kecamatan merupakan sarana untuk menjaring aspirasi masyarakat dalam pencapaian pembangunan yang Berkualitas, Efektif, Efisien, Transparan, dan Akuntabel. 


Selanjutnya, Sekda menyampaikan 4 (empat) skala prioritas pembangunan Kabupaten Samosir dalam Ranwal RKPD Tahun 2023 sebagaia berikut; (1) Pencegahan dan Penanganan Bencana Alam dan Non Alam, (2) Kelestarian Budaya dan Pembangunan Pariwisata berkelanjutan, (3) Peningkatan Aksesibilitas dan Kualitas Infrastruktur, (4) Percepatan Reformasi Birokrasi dan Peningkatan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).



Asisten Perekonomian dan Pembangunan Hotraja Sitanggang,  menyampaikan Kabupaten Samosir dalam visi pembangunan mewujudkan masyarakat samosir sejahtera dan bermartabat secara Ekonomi, Kesehatan dan Pendidikan diperlukan kerjasama dari semua stakeholder untuk mengambil peran sesuai tupoksi masing-masing dengan mewujudkan Samosir bersih sebagai daerah tujuan wisata.


Kepada seluruh SKPD mari kita pertajam rencana kerja SKPD tahun 2023, atas masukan saran, usulan musrenbang kecamatan ini untuk membangun komunikasi yang efektif dengan semua kepala desa maka dengan demikian kita bisa lebih cepat dan lebih tanggap menyelesaikan masalah pelayanan kemasyarakatan dan pembangunan di kecamatan. Mari kita bangun jejaring dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat dalam percepatan pembangunan di kabupaten samosir mengingat keterbatasan alokasi APBD Kabupaten Samosir.(BG/RS)

Camat Nainggolan, Tino Nainggolan, menyerahkan usulan pembangunan kepada Sekretaris Bappeda.





TRENDINGMore