NEWSPERISTIWASUMUT

Ini Penyebab Kelangkaan Bio Solar di Sumut

Rabu, 30 Maret 2022, 17:35 WIB
Last Updated 2022-03-30T10:36:09Z

Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra bersama Eksekutif Manager Pertamina Patra Regional Sumbagut, Himawan, menjelaskan kelangkaan bahan bakar minyak bersubsidi di sejumlah daerah.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Ini penjelasan Eksekutif Manager Pertamina Patra Regional Sumbagut, Himawan, terkait kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi di sejumlah daerah di Sumatera Utara, di Loby Mapolda Sumut, Rabu (30/3)



Mereka berbicara soal kelangkaan usai dipanggil Kapolda Sumut.


Eksekutif manager Pertamina Patra Regional Sumbagut, Himawan mengakui pihaknya terkendala lantaran ada pembatasan kuota dari badan pengatur hilir minyak dan gas bumi atau BPH migas.


Dia berdalih saat ini pihaknya sedang melakukan relaksasi untuk mengatasi kelangkaan BBM solar bersubsidi.


"Jadi kendalanya itu adanya kuota (Batasan) dari BPH migas namun kita sudah sampaikan ke pak Kapolda bahwa saat ini Pertamina sedang melakukan relaksasi pada kuota tersebut,"ujarnya.


Himawan menyebut, pihaknya bakal mengambil kuota bulan berikutnya ke bulan ini untuk mengat kelangkaan BBM solar bersubsidi.


"Jadi kuota pada bulan bulan berikutnya akan diambil untuk bulan Ini," ucapnya.


Selain itu, Pertamina Patra Regional Sumbagut meminta agar BBM solar bersubsidi tidak disalahgunakan untuk kebutuhan kendaraan industri ataupun perusahaan.


Dia beranggapan jika BBM solar bersubsidi dijual terlalu banyak berdampak kurangnya APBN.


"Jadi karena ini adalah bahan bakar yang bersubsidi jadi untuk rakyat. Nanti kalau terlalu banyak dijual yang bersubsidi APBN akan berkurang," tutupnya.


Sebelumnya, Kapolda Sumut Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak melakukan sidak (Inspeksi Mendadak) ke SPBU di Jalan Mandala By Pass.


Disitu dia mendapati sopir truk mengeluh kesulitan mendapatkan BBM solar bersubsidi di wilayah Langkat.(BG/MED)


TRENDINGMore