NASIONALNEWS

Presiden Joko Widodo Pimpin Peringatan Hari Lahir Pancasila di Ende

Rabu, 01 Juni 2022, 08:40 WIB
Last Updated 2022-06-01T01:40:14Z
Presiden RI Joko Widodo, memimpin upacara peringatan hari lahir Pancasila.


NTT-BERITAGAMBAR :

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022 di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dalam momen Hari Lahir Pancasila, Jokowi mengajak seluruh anak bangsa untuk membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur dari Pancasila.


"Bapak ibu hadirin yang saya hormati, dari Kota Ende saya mengajak seluruh anak-anak bangsa di manapun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," kata Jokowi saat menyampaikan amanat dalam upacara itu, Rabu (1/6).


"Pancasila bukan hanya telah mempersatukan kita semua, Pancasila juga telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian dan ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa bahwa bangsa dan negara kita bisa tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila," tambahnya.



"Kita implementasikan dalam tata kelola pemerintahan dan juga menjiwai interaksi antar sesama anak bangsa. Inilah tugas kita bersama, tugas seluruh komponen bangsa menjadikan Pancasila sebagai ideologi ... manfaatnya oleh tumpah darah Indonesia," ucapnya.


Kemudian, Jokowi menyinggung soal bangsa Indonesia sedang menghadapi situasi dunia yang bergejolak. Mulai dari pandemi COVID-19, krisis energi dan pangan serta ancaman kemiskinan ekstrem dan kelaparan dan juga perang di Ukraina.


Jokowi menyebut sebagai pemegang mandat Presidensi G20, Indonesia mengajak seluruh negara maju di dunia bergotong-royong menciptakan umat manusia yang lebih baik, membangun sistem kesehatan, berupa mampu menghadapi krisis di masa depan dengan tata kelola dunia yang lebih sehat, lebih damai dan lebih berprikemanusiaan dan lebih berprikeadilan.


"Terakhir saya mengajak seluruh pemimpin bangsa, terutama para pejabat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, para pemimpin partai politik, para pemimpin dan tokoh-tokoh ormas dan para pemimpin-pemimpin lainnya untuk menjadi teladan, menjadi contoh dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila, mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju, mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan," pungkasnya.(BG/TS)


TRENDINGMore