NEWSPARIWISATAPERISTIWASUMUT

Bupati Launching Aplikasi Simalungun Tourism, Berharap Parapat Tidak Sekedar Tempat Transit

Minggu, 25 September 2022, 17:23 WIB
Last Updated 2022-09-25T10:23:00Z

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga dan Kepala Dinas Pariwisata, Muhammad Fikri Fanani Damanik dan lain saat pelaksaan launching aplikasi Simalungun Tourism, car free day dan sepeda santai.

 


PARAPAT-BERITAGAMBAR : 

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga, mengatakan kota wisata Parapat, Kecamatan Girsang Sipanganbolon, akan terus berbenah sehingga  para wisatawan betah tinggal berlama-lama.



Hal itu dikemukakan Radiapoh Hasiholan Sinaga saat melakukan launching apalikasi Simalungun Tourism, yang digelar di Parapat, Sabtu (24/09/2022). Dikatakan, Parapat harus terus berbenah agar kota wisata ini bukan sekedar tempat untuk transit.



" Berikan kenyaman untuk para wisatawan. Baik itu soal keamanan, kebersihan demikian juga soal kepastian harga. Jadi ketika wisatawan datang ke Parapat, wisatawan bisa mengukur anggaran dana (bujet) yang akan di keluarkan,” jelas Bupati.



Dikatakan, Pemkab Sumalungun akan terus berupaya melakukan pembenahan-pembenahan sehingga wisatawan betah tinggal di Parapat.



" Akan kita programkan setiap OPD melaksanakan kegiatan yang dapat menarik wisatawan untuk hadir di kota Parapat ini. Ketika ini bisa berjalan dengan baik maka akan ada geliat ekonomi di tengah-tengah masyarakat,” tandas bupati.



Sementara, bupati yang lebih dikenal dengan sapaan pak RHS itu mengatakan, manfaat adanya aplikasi Simalungun Tourism, untuk memudahkan wisatawan mengakses informasi tentang pariwisata di Kabupaten Simalungun.



Apalikasi Simalungun Tourism dapat diakses melalu Website: simalunguntourism.com, dan Aplikasi Simalungun Taurism ini dapat di dowloand melaui Play Store, sehingga masyarakat dapat langsung melihat informasi akurat tentang Pariwisata di Simalungun, mulai dari lokasi, harga hotel, harga kamar, makan dan minuman.



Bupati berharap dengan diluncurkannya aplikasi tersebut dapat memberikan informasi lebih kepada khalayak ramai, bukan saja tentang pariwisata di Simalungun tapi juga Informasi kalender event yang akan di laksanakan di kota Parapat. 



Sebelumnya Bupati Simalungun bersama Sekda Esron Sinaga, para pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Simalungun, dari Bank Sumut dan PHRI Simalungun dan masyarakat mengikuti kegiatan sepeda santai dalam rangka event Car Free Day di kota wisata Parapat. 



Kegiatan sepeda santai ini mengambil start dari Simpang Simajarunjung (Tanjung Dolok) Kecamatan Girsang Sipangan Bolon menuju Kota Parapat yang dilepas secara resmi oleh Bupati Simalungun.



Kegiatan ini menempuh jarak sekitar 7 Km yang berakhir di RTP (Ruang Terbuka Publik) Parapat Depan Hotel Atsari yang dilanjutkan dengan kegiatan senam kesegaran Jasmani melakukan (SKJ).



Bupati berharap kegiatan Car Free Day akan terus berkelanjutan dan di tahun 2023 sebagai salah satu upaya untuk memajukan Pariwisata di Kabupaten Simalungun. 



Di kegiatan Car Free Day itu, juga dilakukan layanan pembayaran pajak melalui Agen Sumut Link Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Simalungun. Masyarakat atau peserta yang hadir dapat melakukan pembayaran PBB tercatat melalui Agen Sumut Link Bapenda Simalungun. 



Sisi lain, terkait Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) khas Simalungun, Bupati menyampaikan bahwa Pemkab Simalungun juga akan terus berupaya bagaimana produk UMKM Simalungun bisa di terima oleh pasar. 



“ Tentu ini, kita akan siapkan sarana atau otlet, juga kemasan yang menarik tentunya, agar UMKM  dan Pariwisata  kita terus berkembang,” tandas RHS.(BG/SM)




TRENDINGMore