NEWSPERISTIWASUMUT

2 Jalur Penghubung Sidempuan-Medan Longsor

Jumat, 18 November 2022, 17:14 WIB
Last Updated 2022-11-18T11:03:45Z

 

Dua jalur penghubung Sidempuan-Medan di Tapsel, mengalami longsor. Lalulintas sudah lancar, namun pengendara tetap diminta ekstra hati-hati. 

TAPSEL-BERITAGAMBAR : 

Dua dari tiga jalur penghubung Kota Padang Sedempuan dengan Kota Medan mengalami longsor hingga memutus total arus lalulintas, Jum'at (18/11).


Jalur pertama yang mengalami longsor adalah Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di Desa Sibangkua, Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan. 


Jalur penguhubung Kota Padang Sidempuan dengan Kota Sibolga ini dikenal dengan sebutan Jalur Lintas Barat. Longsor sekira pukul 11:00 WIB itu merupakan yang kedua kalinya setelah Kamis (16/11/2022) malam.


Sementara jalur kedua yang mengalami longsor adalah Jalinsum di Dusun Pengkolan, Desa Luat Lombang, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan.


Jalur penghubung Kota Padang Sidempuan dengan Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara ini dikenal dengan sebutan Jalur Lintas Tengah. Titik longsor berada di sekitar Aek Latong dan Batu Jomba.


Satu-satunya jalur pengubung Kota Padang Sidempuan dengan Kota Medan yang tidak mengalami longsor hanya Jalur Lintas Timur. Jalur ini juga menghubungkan Padang Sidempuan Sumut dengan Pekanbaru Riau.


Dari Kota Padang Sidempuan, jalur ini melintasi Pal XI Kabupaten Tapanuli Selatan, Gunungtua Kabupaten Padang Lawas Utara dan Langgapayung Kabupaten Labuhan Batu Selatan.


Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Imam Zamroni yang turun langsung ke lapangan mengatakan, material longsor di Jalur Lintas Barat dan Lintas Tengah itu sudah dibersihkan.


Meskipun arus lalulintas sudah lancar, pengendara tetap dihimbau ekstra hati-hati. Mengingat sampai Jum'at sore intensitas hujan masih tinggi dan di sepanjang jalur itu banyak tebing bukit dan pepohonan.


"Material longsor sudah dibersihkan dan arus lalulintas telah lancar. Namun mengingat intensitas curah hujan yang tinggi sejak dua pekan kemarin, kita tetap himbau pengendara untuk ekstra hati-hati," jelasnya. (BG/TSE)





TRENDINGMore