NEWSPERISTIWASUMUTTABAGSEL

2 Rumah Di Sidempuan Diterjang Longsor

Kamis, 10 November 2022, 15:25 WIB
Last Updated 2022-11-10T08:25:59Z
Dua rumah di Gang Air Bersih Kelurahan Sitamian Baru rusak total akibat terjangan material longsor.


P.SIDEMPUAN-BERITAGAMBAR : 

Dua rumah di Gang Air Bersih, Lingkungan III, Kelurahan Sitamiang Baru, Kecamatan Padang Sidempuan Selatan, Kota Padang Sidempuan, rusak total akibat terjangan tanah longsor, Rabu (9/11) malam.


Tidak ada korban jiwa pada musibah yang menimpa rumah Remida Napitupulu, 71, dan Bunyamin Siregar, 31, tersebut. Kerugian sementara diperkirakan lebih dari Rp150 juta. Dua keluarga korban sudah mengungsi ke tempat yang lebih aman.


Informasi diperoleh, intensitas hujan cukup tinggi mengguyur wilayah Kota Padang Sidempuan sejak Rabu (9/11/2022) siang sampai malam. Sungai-sungai meluap dan angin kencang beberapa kali menyertai hujan deras tersebut.


Sekira pukul 19:30, tebing bukit di Gang Air Bersih mengalami longsor. Tanggul penahan tanah jebol hingga menerjang rumah semi permanen yang selama ini ditempati para korban.


Bunyamin Siregar, korban, menceritakan bahwa saat kejadian itu dia bersama istri dan anaknya sedang berada di dalam rumah. Kemudian mereka mendengar suara gemuruh dan ternyata tembok penahan tanah di belakang sudah roboh.


“Saya dan istri menyelamatkan anak dan lari ke luar rumah. Material longsor sudah mulai mendekati rumah kami. Rumah di samping yang ditempati mertua saya juga begitu. Saat itu, mertua saya sedang shalat Isya di masjid,” katanya. 


Kapolres Padang Sidempuan AKBP Dwi Prasetyo Wibowo dan anggota mendatangi korban pada malam itu juga. Sembarai membawa bantuan, mereka meninjau kondisi dua rumah yang rusak berat diterjang material longsor.


Kepada masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar bukit yang longsor itu, Kapolres minta agar waspada dan bahkan menyarankan agar sementara waktu mengungsi dari sana. “Inikan masih hujan deras. Kalau boleh, untuk sementara mengungsi dulu ya,” katanya.


Plt. Kalaksa BPBD Pemko Padang Sidempuan Dedy Iriansya Siregar menyebut pihaknya akan melakukan assessment pada Kamis (10/11/2022) pagi. “Malam ini hujan lebat dan kami di lapangan sebatas melakukan tindakan antisipasi terhadap warga,” katanya.


Untuk tindakan antisipasi longsor susulan dan pencegahan terjadinya korban, BPBD bekerjasama dengan Polri dan TNI dibantu warga. Pantauan pada Kamis (10/11/2022) siang, seluruh material longsor sudah dibersihkan.


“Daerah Gang Air Bersih Kelurahan Sitamiang Baru ini termasuk kawasan rawan longsor. Saat curah hujan tinggi, kami minta kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dan cari tempat aman,” kata Dedy. (BG/TSEL)





TRENDINGMore