NEWSPERISTIWASUMUT

DMDI Serahkan Bantuan Korban Gempa Cianjur

Kamis, 01 Desember 2022, 13:30 WIB
Last Updated 2022-12-01T06:30:53Z

 

Tim DMDI saat menyalurkan bantuan logistik berupa sembako pada korban gempa Cianjur.


DELISERDANG-BERITAGAMBAR :

Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Indonesia menyalurkan bantuan logistik berupa sembako dan tali asih pada warga korban gempa Cianjur.


"Kami melihat untuk bantuan bahan makanan cukup untuk dua sampai tiga bulan ke depan. Karena banyak donatur dari pemerintah organisasi dan perorangan yang memberikan bantuan sembako langsung ke tenda pengungsi. Sehingga kami lihat untuk bantuan makanan, sudah banyak," kata Sekjen DMDI Indonesia Datuk H Said Aldi Al Idrus didampingi Sekretaris Andanu Ibrahim, dr Nanang Mubarok, H Abdul Kadir dan Nanang Jaidin, Kamis (1/12), setibanya di Bandara Kualanamu. 


Ia mengimbau kepada masyarakat yang ingin menyalurkan bantuan,silahkan memberikan yang terbaik,jangan mengirim pakaian bekas yang tak layak dipakai kepada warga terdampak gempa. 


Sebab, pakaian itu akan menjadi sampah di lokasi pengungsian karena tak bisa dipakai. 


"Saat ini yang dibutuhkan warga adalah perbaikan rumah mereka, agar mereka yang terkena gempa segera melakukan aktivitas kembali. Kalau stok bantuan makanan sudah cukup,mereka sangat berharap rumahnya segera diperbaiki, Apalagi saat ini cuaca di Cianjur terus diguyur hujan. Sehingga membuat kondisi warga yang tinggal di tenda pengungsian semakin memprihatinkan," ujarnya. 


Ia juga menerangkan bahwa bantuan sembako dan tali asih ini diberikan kepada pelaku UMKM yang terdampak,untuk meringankan beban para pelaku UKM,sebagai bentuk kepedulian DMDI peduli kepada korban Gempa Cianjur.


Pihaknya juga, mengajak para donatur dan NGO di seluruh Indonesia menyalurkan donasinya untuk pembangunan rumah warga dan tempat usaha para UKM yang hancur dan korban gempa Cianjur yang semua kondisinya rusak ringan dan sedang serta kondisi rubuh. 


"Beberapa waktu lalu, Presiden Ir H Joko Widodo telah turun ke lokasi gempa dan bertemu langsung dengan para pengungsi di tenda darurat. 


Di sana, Pak Jokowi telah mengarahkan seluruh jajaran dan pemerintah daerah untuk segera memperbaiki dan membangun kembali rumah warga. Maka dari itu,DMDI peduli mendorong agar instansi pemerintah yang telah diarahkan presiden untuk segera membantu membangun rumah dan tempat usaha warga yang terkena gempa.


Lebih lanjut Said Aldi menjelaskan, selain memberikan bantuan paket sembako dan uang tunai,DMDI juga telah menurunkan tim untuk membantu meringankan kerja pemerintah dalam membenahi bangunan yang rusak ringan akibat gempa.


"Semoga paket sembako dan uang tunai yang diberikan berguna bagi masyarakat dan bisa meringankan beban saudara-saudara kita yang menjadi korban gempa di Cianjur ini,” ucap Said Aldi.


Kepada kader DMDI di mana saja berada, mari bersama-sama kita bantu warga Cianjur yang terkena musibah,semoga DMDI tetap menjadi organisasi yang memang peduli dengan aksi sosial dan kemanusiaan,pungkasnya.(BG/DS) 



TRENDINGMore