EKONOMINEWS. NASIONAL

Jelang Perayaan Nataru 2022-2023, Harga Tiket Pesawat Naik

Minggu, 04 Desember 2022, 11:33 WIB
Last Updated 2022-12-04T04:33:03Z

Jelang Perayaan Nataru, harga tiket pesawat mulai naik.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Seluruh maskapai tanah air tengah bersiap untuk menyambut datangnya libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023.


Berdasarkan pantauan Wartawan, harga tiket pesawat terpantau semakin mahal menjelang akhir tahun, khususnya untuk beberapa penerbangan rute dari Kota Medan.


Terpantau pada laman penjualan harga tiket, harga tiket pesawat harga tiket pesawat makin mahal pada tanggal 30-31 Desember mendatang.


Seperti untuk rute Medan-Bali dibanderol dengan harga termurah Rp 2,4 juta sampai Rp 4 juta dari rata-rata harga jual biasanya Rp 1,6 juta.


Rute penerbangan Medan-Jakarta juga menjadi Rp 1,5 - Rp 3,8 juta dari rata-rata dari hari sebelumnya tiket termurah yang dijumlah dengan harga Rp 900 ribu - Rp 1,2 juta.


Bergeser ke penerbangan Jakarta yang juga mengalami kenaikan yang cukup pesat, seperti Jakarta-Bali dibanderol dengan harga tiket termurah Rp 1,3 sampai Rp 2,6 juta dari rata-rata harga jual tiket bulan November di angka Rp 700-800 ribuan.


Lalu Jakarta-Yogyakarta via Yogyakarta International Airport juga menjadi Rp 813 ribu - Rp 3,1 juta. dari harga pada waktu sebelumnya Rp 500 - 700 ribu.


Begitupun rute penerbangan Jakarta-Lombok juga ditemui harga tiket cukup tinggi. Di mana harga tiket dibanderol dengan harga Rp 1,4 juta - Rp 2,8 juta untuk penerbangan langsung.


Dari rata-rata harga tiket yang dibanderol seharga Rp 700 ribu - Rp 1 juta.


Perlu diketahui, momentum perayaan Nataru kali ini tidak lagi ada pembatasan mudik seperti tahun sebelumnya, sehingga diperkirakan mobilitas antar daerah akan tinggi.


Persiapan yang perlu dilakukan tentu tidak terlepas dari ketentuan perjalanan yang telah ditetapkan oleh pemerintah saat Nataru.


Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pun meminta maskapai penerbangan untuk merealisasikan penambahan jumlah pesawat saat Nataru.


“Kami mendorong rekan-rekan maskapai penerbangan untuk merealisasikan penambahan pesawat juga bagi yang sedang dan akan membuat maskapai baru,” ujar Plt. Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Nur Isnin, Minggu (4/12).



TRENDINGMore