INFRASTRUKTURNASIONALNEWSSUMUT

Nataru 2022, Tol Tebing Tinggi-Indrapura Dibuka

Kamis, 01 Desember 2022, 10:55 WIB
Last Updated 2022-12-01T03:55:15Z

Seksi 1 Jalan Tol Tebing Tinggi-Indrapura sepanjang 20,4 km akan dibuka fungsional untuk melayani arus mobilisasi Natal 2022.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Bagi Anda yang ingin lebih cepat sampai menuju Indrapura dari Tebing Tinggi dan sebaliknya, akan terbantu dengan dibukanya jalan tol nanti. Seksi 1 Jalan Tol Tebing Tinggi (Kota Tebing Tinggi)-Indrapura (Kabupaten Batubara) sepanjang 20,4 km akan dibuka fungsional untuk melayani arus mobilisasi Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).


Hal itu diungkapkan Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Triono Junoasmono, pada kegiatan Kunjungan Spesifik Komisi V DPR RI ke Sumatera Utara, Rabu (30/11/2022).


Adapun wakil rakyat yang membidangi infrastruktur itu berkunjung untuk meninjau kesiapan infrastruktur dan transportasi pada Nataru nanti.


Dikutip dari laman BPJT Kementerian PUPR, Rabu (30/11/2022), disebutkan Jalan Tol Tebing Tinggi-Indrapura merupakan bagian dari ruas Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat yang memiliki panjang tol 103,52 km.


Berdasarkan progres konstruksi dan kondisi di lapangan, Yongki, panggilan akrab Triono Junoasmono menilai seksi Tebing Tinggi Indrapura sudah layak dilewati pengendara meski hanya sementara.


Fungsionalisasi tol ini diharapkan mampu meningkatkan kenyamanan pengguna jalan di saat liburan atau arus mudik Nataru nanti. "Secara prinsip Tol Tebing Tinggi-Indrapura ini akan coba kita fungsionalkan pada desember 2022 untuk arus Nataru," jelas Yongki.


Selanjutnya ia akan berkoordinasi dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terkait kepastian tanggal buka-tutup tol tersebut.


Sementara itu Anggota Komisi V DPR dari Fraksi PDIP, Bob Andika Mamana Sitepu, menyambut baik dibukanya tol itu nanti secara fungsional ruas Tebing Tinggi-Indrapura tersebut. Namun ia mengimbau pemerintah dan BUJT meningkatkan aspek pelayanan di ruas tol lain yang sudah operasional.


Pasalnya, Bob kerap mendapat keluhan dari masyarakat bahwa sering terjadi antrian pembayaran tol, kemacetan di pertemuan jalan tol dan jalan non tol, hingga aspek keamanan.


"Kadang kita mengantri karena mobil di depan kurang saldo e-tol. Ketika mau isi ulang pun, petugas tidak ada. Nah ini kan bikin macet," terangnya.


Yongki mengaku telah berkoordinasi dengan BUJT membuat rencana tindak lanjut masukan dari rekan Anggota Komisi V DPR. Adapun rencana tersebut meliputi pembuatan posko bersama, penambahan gerbang tol, rest area, penambahan personil, termasuk personel asistensi isi ulang saldo kartu tol elektronik.


“Rencana tindak lanjut tersebut penting untuk kita jalankan karena diperkirakan akan terjadi lonjakan penggunana jalan,” katanya.


Ruas Tol Tebing Tinggi-Indrapura merupakan Seksi 1 dari trase jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat yang sedang proses konstruksi. Seksi lainnya yaitu Seksi 2 Kualatanjung-Indrapura sepanjang 18,05 km.


Seksi 3 Tebing Tinggi-Serbelawan sepanjang 30 km, Seksi 4 Serbelawan-Pematangsiantar sepanjang 28 km, Seksi 5 Pematangsiantar-Saribudolok sepanjang 22,3 km, dan Seksi 6 Seribudolok-Parapat sepanjang 16,7 km.


"Progres fisik pembangunan Tol Kuala Tanjung- Tebing Tinggi-Parapat sudah mencapai 68 persen. Kami menargetkan seksi 1 sampai dengan 3 selesai kuartal pertama 2023 dan seksi 4 pada kuartal kedua 2023," Yongki.(BG/REL)


TRENDINGMore