NEWSPERISTIWASUMUT

Tim Itwasum Polri Pastikan Operasi Lilin Toba Apakah Sesuai SOP Di P.Siantar

Jumat, 30 Desember 2022, 05:05 WIB
Last Updated 2022-12-29T22:05:16Z
Tim Itwasum Mabes Polri meninjau guna memastikan apakah Operasi Lilin Toba 2022 sudah sesuai SOP dan Kapolres AKBP Fernando bersama delapan Polres jajaran Poldasu menerima kunjungan Tim di aula Widya Satya Brata Mapolres Kota Pematang Siantar dan mendampingi saat Tim meninjau Posyan I, Jl. Medan.


PEMATANG SIANTAR-BERITAGAMBAR : 

Tim Itwasum Mabes Polri melakukan peninjauan guna memastikan apakah Operasi Lilin Toba sudah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) pelaksanaannya di wilayah Polres Kota Pematang Siantar dan delapan Polres lainnya.


Ketua Tim Itwasum Brigjen Pol Gatot Try Suryanta menyatakan hal itu saat Kapolres AKBP Fernando bersama para Wakapolres, Kabag Ops, Kasiwas, Kasi Keu, perwira dan objek masing-masing Polres menerima Tim Itwasum Polri di aula Widya Satya Brata Mapolres Pematang Siantar, Kamis (29/12).


Kepada sembilan Polres jajaran Poldasu terdiri Polres Pematang Siantar, Simalungun, Tapanuli Utara, Toba, Humbang Hasundutan, Samosir, Tapanuli Tengah Tebing Tinggi dan Sibolga, Ketua Tim berterimakasih.


“Kehadiran kami salah satunya untuk memastikan apakah dalam pelaksanaan Operasi Lilin Toba 2022 sudah sesuai dengan SOP. Dari hasil peninjauan Tim Was Ops di lapangan memang sampai saat ini tidak ada menemukan pelanggaran di lapangan dan sudah baik,” imbuh Ketua Tim.


Pelaksanaan operasi rutin itu tiap tahun, lanjut Ketua Tim dan menegaskan tentunya tidak boleh ada lagi kesalahan khususnya terkait dengan penggunaan anggaran operasi.


“Kalau ada temuan akan ada perbaikan. Karena itu, agar tidak ada lagi temuan-temuan ke depan dan kalau kurang paham agar melakukan kordinasi dengan Tim,” tegas Ketua Tim.


Menurut Ketua Tim, ada beberapa laporan pertanggungjawaban belum sesuai dan untuk itu meminta para Kapolres menyesuaikan. “Mudah-mudahan kehadiran kami membuat yang terbaik ke depan.


Sebelumnya, Kapolres Pematang Siantar AKBP Fernando mengucapkan selamat datang kepada Tim Itwasum di kota teleransi yang terdiri beberapa suku dan agama, namun tetap menjunjung tinggi rasa persaudaraan dan Bhinneka Tunggal Ika.


Secara singkat, Kapolres melaporkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) saat itu dalam keadaan aman dan kondusif serta kasus kejahatan menonjol nihil.


Untuk kegiatan Operasi Lilin, lanjut Kapolres, sampai saat ini masih berjalan dengan baik dan selama pelaksanaan Operasi Lilin di Pematang Siantar telah berdiri empat Pospam dan tiga Posyan serta penempatan personel pada tiap penggal jalan di masing-masing Pospam dan Posyan dengan total 60 titik penempatan personel yang kemungkinan terjadi rawan macet selama Operasi Lilin berlangsung.


“Saya mewakili rekan-rekan Kapolres lainnya memohon petunjuk dan arahan sehubungan dengan Was Ops Operasi Lilin 2022 dan kami siap memperbaiki jika ada hal-hal yang menjadi temuan untuk perbaikan ke depannya. Mohon menerima segala kekurangan,” harap Kapolres.


Rangkaian kegiatan berlanjut dengan peninjauan Tim Itwasum ke Posyan I di Jl. Medan, Jembatan Sigagak, Kel. Tanjung Tongah, Kec. Siantar Martoba dan Kapolres turut mendampingi bersama PJU.


Ketua Tim saat itu mencek tekanan darah melalui tensi meter serta menyampaikan pelayanan kepada masyarakat selama pelaksanaan Operasi Lilin Toba dan pemberian bingkisan kepada petugas Pos guna menambah semangat agar selalu memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.(BG/PS)





    

TRENDINGMore