NEWSPERTANIANSUMUT

Wabup DS Resmikan Bangsal Pasca Panen Hortikultura Bantuan Prananda Surya Paloh

Selasa, 27 Desember 2022, 20:37 WIB
Last Updated 2022-12-27T13:37:45Z
WAKIL Bupati Deliserdang HMA Yusuf Siregar didampingi Pengurus Rumah Aspirasi Prananda Surya Paloh Rudiansyah menggunting pita pada peresmian Bangsal Pasca Panen Hortikultura bantuan Prananda Surya Paloh.


DELISERDANG-BERITAGAMBAR :

Wakil Bupati Deliserdang meresmikan Bangsal pasca panen hortikultura bantuan anggota DPR RI Prananda Surya Paloh di Dusun II Desa Rugemuk Kecamatan Pantailabu, Selasa (27/12) sore.


Peresmian yang ditandai pengguntingan pita tersebut dihadiri Pengurus Rumah Aspirasi Prananda Surya Paloh Rudiansyah dan Adlitama Hidayat Sembiring, Kadis Pertanian Deliserdang Rahman Saleh Dongoran, SP, MSi, Kabag Perekonomian dan SDA Setdakab Deliserdang Sri Ekayani, Camat Pantailabu Rahmat Azhar Siregar, Sekretaris DPD Partai NasDem Deliserdang Kuzu SW Tarigan, Ketua Kelompok Tani “Berkah Tani” Supriadi, dan Kepala Desa se Kecamatan Pantailabu.


Dalam sambutannya, Wakil Bupati Deliserdang HMA Yusuf Siregar menyampaikan terimakasih kepada anggota DPR RI yang mempunyai inisiatif memberikan bantuan bangsal sekaligus alat mesin pertanian kepada petani. 


“Mudah-mudahan kami do’akan Bapak Prananda Surya Paloh tetap sehat wal afiat sehingga di tahun mendatang dapat memberikan bantuan yang lebih banyak untuk masyarakat di Kecamatan Pantailabu khususnya dan Kabupaten Deliserdang pada umumnya”kata Wabup.


Wabup telah beberapa kali memberi bantuan kepada petani seperti di Kecamatan Lubukpakam, Percut Seituan, Namorambe dan lainnya yang ini adalah aspirasi dari Prananda Surya Paloh.


"Mudah-mudahan bantuan Bangsal pasca Panen Hortikultura yang kita resmikan ini bisa bermanfaat bagi kelompok tani di Kecamatan Pantailabu ini. Sekali lagi kita sampaikan ucapan terimakasih kepada Prananda Surya Paloh. Saya berharap bantuan yang diberikan ini dapat dijaga dengan baik dan jangan sempat ketika perwakilan Prananda Surya Paloh datang tempat ini tidak terawat"pesan Wabup.


Kabupaten Deliserdang ini, lanjut Wabup terdiri dari 22 Kecamatan dimana dari 22 Kecamatan ini ada 4 Kecamatan yang berada di pesisir pantai termasuk Kecamatan Pantailabu.


"Kita do'akan masyarakat Kecamatan Pantailabu ini ke depan lebih baik lagi rezekinya, dan lebih baik kegiatan pertaniannya "kata Wabup.


Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Deliserdang Rahman Saleh Dongoran, SP, MSi, dalam laporannya menjelaskan Kecamatan Pantailabu terdapat 19 Desa dan 155 kelompok tani. Petani yang mengelola luas lahan pertanian 360 ha, selain itu lahan perkebunan dan lahan untuk tanaman hortikultura. Lahan pertanian di Kecamatan Pantailabu ini cukup potensial karena ada yang bisa dikelola sampai menjadi indeks pertanaman 3 kali dalam setahun.


Menurutnya, target Deliserdang sesungguhnya lebih dari pertanaman 3 kali dalam setahun dimana saat ini ada yang disebut dengan indeks pertanaman 4 dan Deliserdang masih dipersiapkan untuk itu tahun 2023 minimal 1000 ha Kabupaten Deliserdang harus bisa menerapkan indeks pertanaman 4.


Dikatakannya, di Kecamatan Pantailabu mulai tahun 2010 lalu bukan hanya bisa ditanami tanaman perkebunan ataupun padi sawah, tetapi hortikultura juga cukup potensi ketika terjadi inflasi dari sektor pertanian yang dipicu oleh 2 komoditi utama pertanian yakni bawang merah dan cabai merah.


Tahun 2010 tersebut kemudian dicoba menanam bawang merah dan ternyata hasilnya cukup baik tidak kalah dengan di STM Hulu, Gunung Meriah sehingga sejak saat itu setiap tahun tetap dikembangkan. Oleh karenanya Pemerintah harus memperhatikan apa dukungan yang harus dibuat untuk pengembangan komoditi bawang merah yang ada di Kecamatan Pantailabu.


"Pembangunan Bangsal Pasca Panen Hortikultura ini adalah P-APBN Kementerian Pertanian RI yang merupakan dana aspirasi dari Prananda Surya Paloh. Alhamdulillah kita sampaikan terimakasih kepada Prananda Surya Paloh beserta Tim. 


Selain Bangsal ada juga alat pasca panen mulai pengolahan, peracikan sampai menjadi bawang goreng. Seperti itulah yang diupayakan untuk pengembangan komoditi sektor hortikultura terutama bawang merah"jelas Rahman Saleh Dongoran seraya menambahkan selain di Kecamatan Pantailabu bangsal seperti ini sudah ada di Kecamatan Gunung Meriah, STM Hulu. (BG/DS)        


 


 




TRENDINGMore