NEWSPERISTIWASUMUT

Wali Kota P.Siantar Puji Program Wubi Langkah Tepat Bagi Pelaku UMKM

Sabtu, 03 Desember 2022, 11:34 WIB
Last Updated 2022-12-03T04:34:05Z
Wali Kota Susanti Dewayani mewisuda salah satu peserta program Wubi kelompok II di ruang serbaguna lantai lima KPw BI Pematang Siantar, Jl. H. Adam Malik, Jumat (2/12) dan pose bersama usai wisuda.


PEMATANG SIANTAR-BERITAGAMBAR : 

Wali Kota Pematang Siantar memuji program  Wirausaha Bank Indonesia (Wubi) sebagai langkah tepat untuk membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam menghadapi tantangan berat, terlebih akibat pandemi Covid-19.


“Kami mengharapkan, setelah mengikuti program Wubi, para pelaku UMKM dapat menjadi wirausaha yang lebih baik,” harap Wali Kota Susanti Dewayani saat menghadiri wisuda Wubi kelompok II di ruang serbaguna lantai lima Kantor Perwakilan (KPw) BI Pematang Siantar, Jl. H. Adam Malik, Jumat (2/12). 


Dalam Wubi dengan tema “Digitalisasi dan Kolaborasi untuk Membangun Pemulihan Ekonomi di tahun 2022,” Wali Kota berterimakasih dan mengapresiasi KPw BI Pematang Siantar, khususnya kepada Kepala KPw BI Teuku Munandar yang telah mengambil langkah tepat dengan menyelenggarakan program Wubi di tengah menghadapi tantangan berat para pelaku UMKM, terutama akibat pandemi Covid-19.  


Wali Kota mengharapkan wisuda 26 peserta program Wubi tahun 2022 kelompok II setelah menjalani program pengembangan kompetensi sejak Maret 2022 lalu, dapat bermetamorfosa menjadi wirausaha yang berkompeten dan professional dan mampu menjadi role model bagi pelaku UMKM lainnya, terutama di wilayah kerja KPw BI Pematang Siantar di delapan kabupaten/kota.


Sementara, Kepala KPw BI Teuku Munandar menyebutkan, pihaknya sengaja mengundang Wali Kota, instansi dan berbagai pihak, sebagai bukti, Wali Kota tidak sendiri dalam berjuang memajukan ekonomi Pematang Siantar. 


"Di sini, ada lembaga dari Kementerian Keuangan, PT Pos, PT PLN dan perbankan. Kami siap mendukung ibu untuk membuat Pematang Siantar sehat, sejahtera dan berkualitas," imbuh Munandar.


Menurut Munandar, kegiatan pembinaan UMKM melalui program Wubi bertujuan mengubah pola pikir para pengusaha. “BI, tidak ada memberikan bantuan materi berupa uang maupun alat produksi, sebab program itu lebih menekankan kepada perubahan pemikiran para pelaku UMKM.” 


"Bagaimana pola pikir kawan-kawan bisa lebih bagus dari yang sebelumnya. Dari yang awalnya tipe fix mindset menjadi grow mindset yang cenderung positif dan siap menerima masukan, kritik dan berkembang," sebut Munandar. 


 Pemutaran video Wubi mengawali wisuda Wubi, kemudian laporan tim pelatih program Wubi oleh  Marioto, testimoni dari perwakilan peserta Wubi kelompok I Roy. 


Selanjutnya, prosesi wisuda peserta program Wubi kelompok I yakni 26 pelaku UMKM binaan KPw BI Pematang Siantar, yang 10 di antaranya dari Pematang Siantar.


Kemudian, penyerahan cenderamata produk UMKM binaan KPw BI Pematang Siantar oleh Teuku Munandar kepada Wali Kota. 


Turut hadir, Deputi Kepala KPw BI Abdul Haris, para pelatih program Wubi, pimpinan perbankan, para pimpinan BUMN dan lainnya. (BG/PS).







 

TRENDINGMore