DAERAHNEWSSUMUT

Desa Sayur Matua Menjadi Desa Wisata Dewi Tani

Senin, 02 Januari 2023, 18:51 WIB
Last Updated 2023-01-02T11:51:29Z

 

Kadispora Kabupaten Padanglawas, M. Rasidi Hasibuan saat resmikan desa Sayur Matua sebagai desa wisata Dewi Tani. 

PALAS-BERITAGAMBAR : 

Desa Sayur Matua merupakan desa wisata Dewi Tani yang berada di wilayah kecamatan Aeknabara Barumun, kabupaten Padanglawas (Palas).


Menurut keterangan kepala desa Sayur Matua, H. Lawaly Hasibuan, SH, Senin (2/1), bahwa desa  Sayur Mqtua merupakan Rintisan Desa Wisata Agroteknologi yang merupakan Desa Binaan Universitas Sumatera Utara (USU).  


Desa Sayurma matua, merupakan salah satu desa yang memiliki potensi wisata dari 25 desa yang jaraknya kilometer dari kota kecamatan di Aeknabara Barumun.


Adapun jarak tempuh dari kota kecamatan ke desa Sayur matua yang memiliki penduduk sekitar 400 jiwa, atau sekitar 70 rumah tangga.


Kadispora Kabupaten Padanglawas, M. Rasidi Hasibuan mengatakan bahwa Desa Sayur Matua adalah Rintisan Desa Wisata Agroteknologi yang merupakan Desa Binaan Universitas Sumatera Utara (USU). 


Dimana di desa ini USU menempatkan Mahasiswanya dgn Program sebanyak 6 orang yg akan berada di Des MBKM (Merdeka Belajar - Kampus Merdeka ini selama dua Semester,  dan ini telah berjalan selama tiga tahun.


Hal senada juga disampaikan camat Aeknabara Barumun, H. Sahmiran Hasibuan, dengan diresmikannya desa Sayur Matua sebagai desa Wisata yg masih dalam klasifikasi desa Wisata Rintisan. Diharap ke depan akan menjadi Desa Wisata yang berkembang, maju dan mandiri.


Selain bisa mendorong peningkatan ekonomi warga, juga terjalinnya kerjasama dan kekompakan antara warga yang semakin baik. Sehingga bisa menjadi desa percontohan di Kabupaten Padanglawas.


Sebagai desa yang mampu melakukan inovasi dalam meningkatkan kemandirian desa, sekaligus peningkatan ekonomi kerakyatan. (BG/PAL)



TRENDINGMore